LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Dhimas Fajar Setyawan, Dhimas Fajar Setyawan (2015) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover, abstrak, kata pengantar.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL Print.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Program PPL yang diselenggarakan memiliki visi sebagai sarana yang bermanfaat untuk membentuk calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional dan memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan. Dalam program ini, kemampuan teoritis yang didapatkan mahasiswa praktikan benar-benar diaplikasikan, karena pada program inilah teori dan tehnik yang diajarkan di perguruan tinggi diaplikasikan secara nyata. Tujuan yang diharapkan dalam program ini mahasiswa diharapkan memiliki pengalaman menjadi pendidik yang profesional dalam nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan, sebagai bekal dirinya. Dalam program PPL ini, mahasiswa praktikan mengajar mata pelajaran sesuai dengan bidang studi dan jurusan masing-masing. Praktiknya pada program ini mahasiswa tidak hanya dituntut untuk mengajar di kelas saja, namun mahasiswa juga diberi kesempatan untuk melaksanakan tugas yang lain seperti piket harian guru, pendampingan kegiatan ekstrakulikuler, dan piket perpustakaan. Selain itu mahasiswa praktikan juga dituntut untuk mengikuti Upacara Bendera hari Senin. Kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi mahasiswa, karena dapat mengetahui kebiasaan dan peraturan yang ada di sekolah. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa praktikan untuk menunjang kegiatan praktik mengajar di kelas meliputi penyusunan perangkat mengajar, pembuatan media pembelajaran, dan pembuatan perangkat evaluasi pembelajaran. Dalam kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mengajar kelas X-1, X- 2, X-3, X-7, dan XI IPS 1, dengan 17 kali tatap muka, 12 pertemuan materi dan 6 kali pertemuan ulangan harian. Kegiatan pembelajaran di dalam kelas sangat bervariasi, dengan berbagai media dan metode yang bervariasi, sehingga mengharapkan siswa sangat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran adalah Sosio-Card dan Mind-Mapping berupa games yang dapat mengukur kemampuan kognitif siswa. Kegiatan PPL ini sudah seperti yang diharapkan, karena berbeda dengan tahun yang lalu yang memadukan KKN-PPL, namun tahun ini PPL diadakan tersendiri, sehingga mahasiswa lebih fokus dalam program PPL ini dan tujuan diadakannya ini dapat tercapai, walaupun masih terdapat kekurangan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Program PPL, Pelaksanaan PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Apr 2016 04:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31572

Actions (login required)

View Item View Item