LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)PENGAJARAN TK ABA PAKIS DLINGO, BANTUL, YOGYAKARTA

Septi Wahyuni, Septi Wahyuni (2015) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)PENGAJARAN TK ABA PAKIS DLINGO, BANTUL, YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Septi Wahyuni_12111241035.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. Melalui program PPL Mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya dilapangan. Sebaliknya mahasiswa juga dapat belajar dari lapangan. Dengan demikian mahasiswa dapat memberi dan menerima (give and take) berbagai keilmuan yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi calon tenaga pendidikan profesional. Penyusun melaksanakan observasi pada hari Selasa, 11 Februari 2014 sampai Sabtu, 15 Februari 2014. Program PPL dibagi dalam program pengajaran dan non pengajaran. Program pengajaran dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan, yang meliputi dua kali terbimbing dan dua kali ujian. Untuk melaksanakan program pengajaran tersebut, penyusun melalui enam tahap proses pengajaran, yaitu (1) Penyusunan RKH; (2) Konsultasi RKH; (3) Pembuatan media pembelajaran; (4) Pembuatan instrument; (5) Mengajar di kelas; dan (6) Penilaian Harian. Selain itu setelah pelaksanaan pembelajaran, penyusun masih bertugas untuk menganalisis hasil pembelajaran untuk mengetahui efektivitas perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode ceramah, tanya jawab, bermain, praktek, dan demonstrasi. Selain itu, juga ada kegiatan pendampingan mengajar yaitu membantu mempersiapkan pembelajaran pengajar lainnya. Adapun program non pengajaran yang terlaksana adalah (1) Upacara; (2) Pendampingan Ekstra Melukis; (3) Pendampingan Ekstra Tari; (4) Pendampingan Ekstra Iqra’; (5) Pendampingan Kegiatan Senam; (6) Pendampingan Ekstra Asmaul Husna; (7) Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran, (8) Pendampingan dan pembuatan daftar kehadiran siswa; (9) Pendampingan Perlengkapan Administrasi Pembelajaran; (10) Pembiasaan Kegiatan Cuci Tangan Menggunakan Sabun; serta (11) Perpisahan. Berdasarkan analisis hasil mengajar yang diperoleh, anak-anak mampu mengerjakan kegiatan yang diberikan mahasiswa selama PPL. Anak-anak terlihat lebih antusias terhadap kegiatan yang diberikan oleh mahasiswa berupa hasil karya bukan Lembar Kerja Anak (LKA). Lagu-lagu baru yang diajarkan oleh mahasiswa dapat diterima anak dengan antusias. Program non pengajaran yang tidak terlaksana yaitu program semutlis (sepuluh menit untuk lingkungan sekolah).Kegiatan PPLpengajaran diakhiri dengan ujian pembelajaran sebanyak dua kali pertemuan. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan perpisahan serta penarikan mahasiswa PPL oleh Ibu Muthmainah, M. Pd selaku Dosen Pendamping Lapangan PPL. Penarikan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat, 11 September 2015 di TK ABA Pakis dengan dihadiri oleh wali murid siswa dan perangkat dusun setempat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Analisis Hasil
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Apr 2016 03:38
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31563

Actions (login required)

View Item View Item