LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI TK ABA PAKIS DLINGO BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016

Adharina Dian Pertiwi, Adharina Dian Pertiwi (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI TK ABA PAKIS DLINGO BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Adharina Dian Pertiwi_12111241027.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta PG-PAUD 2015 berlokasi di Dlingo, dan penyusun bertempat di TK ABA Pakis. Dilaksanakan oleh mahasiswa mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai 11 September 2015. Kelompok PPL di Dlingo terdiri dari 9 kelompok, sedangkan kelompok di TK ABA Pakis terdiri dari 11 mahasiswa, yang semuanya mahasiswa jurusan PG-PAUD. Penyusun melaksanakan observasi pada Senin, 10 Agustus 2015 dan mulai Selasa, 11 Agustus 2015 mengajar terbimbing. Program PPL dibagi dalam program pengajaran dan non pengajaran. Program pengajaran dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan, yang meliputi dua kali pertemuan mengajar terbimbing, dan dua kali pertemuan untuk ujian mengajar. Untuk melaksanakan program pengajaran tersebut, penyusun melalui enam tahap proses pengajaran, yaitu (1) Pembuatan RKH; (2) Konsultasi RKH; (3) Pembuatan media pembelajaran; (4) Pembuatan instrument penilaian; (5) Mengajar di kelas; dan (6) Penilaian dan evaluasi. Sedangkan program non pengajaran terdiri dari : (1) Upacara; (2) Pendampingan ekstra melukis; (3) Pendampingan ekstra tari; (4) Pendampingan Iqra’; (5) Pendampingan Asmaul husna; (6) Pendampingan kegiatan senam; (7) Pendampingan pembuatan media; (8) Pendampingan dan pembuatan papan absensi; (9) Pendampingan perlengkapan administrasi pembelajaran; (10) Pembiasaan kegiatan mencuci tangan menggunakan sabun; (11) Upacara 17 Agustus; (12) Sedekah rasul; (13) Pendampingan lomba mewarnai; (14) Menjenguk murid yang sakit dan (15) Perpisahan. Selain itu setelah pelaksanaan pembelajaran, penyusun masih bertugas untuk menganalisis hasil pembelajaran untuk mengetahui efektivitas perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Secara umum, analisis hasil mengajar yang diperoleh adalah anak-anak mampu mengerjakan kegiatan yang diberikan mahasiswa selama PPL. Anak-anak terlihat antusias karena kegiatan yang diberikan oleh mahasiswa lebih kepada hasil karya bukan Lembar Kerja Anak (LKA). Lagu-lagu dan tepuk-tepuk baru yang diajarkan oleh mahasiswa dapat diterima anak dengan antusias. Serta program- program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Praktikan telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil dilaksanakan. Munculnya hambatan selama pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar. Praktikan berharap, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terkait

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, PG-PAUD, Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Analisis Hasil.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Apr 2016 03:13
Last Modified: 01 Oct 2019 11:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31553

Actions (login required)

View Item View Item