LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SD NEGERI NGOTO SEWON BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2015/2016

URBANUS, URBANUS (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SD NEGERI NGOTO SEWON BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2015/2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12108249028_Urbanus_PGSD.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan program yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam mengajar sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. Kegiatan PPL ini dapat memberikan kesempatan mahasiswa untuk menerapkan ilmu, teori, dan keterampilan yang telah didapatkan selama di perguruan tinggi.Praktik Pengalaman Lapangan tahun ajaran 2015/2016 dilaksanakan sejak tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan tanggal 12 September 2015.Adapun tempat untuk PPL adalah SD Negeri Ngoto Sewon yang beralamat di jalan . Imogiri Barat Km 7, Sewon, Bantul, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan PPL dibagi menjadi tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi kegiatan serta tindak lanjutnya.Pada tahap persiapan, praktikan melakukan observasi yang dilanjutkan dengan pembuatan jadwal mengajar dan pembagian guru pamong atau guru pembimbing.Pada tahap pelaksanaan, praktikan diwajibkan melakukan praktik mengajar sebanyak 6 kali dengan rincian yaitu: praktik mengajar terbimbing sebanyak empat kali (4B, 3B, 5B, 2B), praktik mengajar mandiri sebanyak satu kali (6B), dan praktik ujian mengajar sebanyak satu kali (3A). Masing-masing praktik mengajar diharuskan mencakup materi eksak dan noneksak. Pelaksanaan praktik mengajar di SD Negeri Ngoto Sewon menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada proses pembelajarannya. Kendala yang dihadapi dalam kegiatan praktik mengajar adalah pengkondisian siswa dan cara mengetahui pencapaian belajar siswa pada awal mengajar. Hal ini kemudian diselesaikan dengan cara belajar tentang metode untuk mengkondisikan siswa dan sering berkomunikasi dengan wali kelas terkait pencapaian belajar siswa. Kendala lainnya adalah ketersedian media yang terbatas.Hal tersebut dikarenakan siswa membutuhkan media nyata untuk memudahkan dirinya memahami materi.Solusi dari kendala tersebut adalah dengan memanfaatkan lingkungan sekolah dan benda-benda di sekitar siswa semaksimal mungkin untuk dijadikan media pembelajaran.Hasil yang diperoleh selama kegiatan PPL ini diharapkan dapat membuat mahasiswa lebih menghayati, mampu mempraktikkan, dan mengembangkan kompetensinya sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. Selain itu, diharapkan dapat memberikan kesadaran kepada mahasiswa akan adanya tanggung jawab yang besar sebagai pendidik generasi bangsa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: praktik mengajar, PPL, siswa
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Apr 2016 03:08
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31552

Actions (login required)

View Item View Item