KESIAPAN PROSES PEMBELAJARAN SMK BIDANG STUDI KEAHLIAN TEKNOLOGI DAN REKAYASA SE-KOTA LUBUKLINGGAU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Pramudita, budiastuti (2016) KESIAPAN PROSES PEMBELAJARAN SMK BIDANG STUDI KEAHLIAN TEKNOLOGI DAN REKAYASA SE-KOTA LUBUKLINGGAU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Pramudita Budiastuti=10501241002.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

KESIAPAN PROSES PEMBELAJARAN SMK BIDANG STUDI KEAHLIAN TEKNOLOGI DAN REKAYASA SE-KOTA LUBUKLINGGAU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 Oleh : Pramudita budiastuti NIM 1050141002 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan proses pembelajaran SMK bidang studi keahlian Teknologi dan Rekayasa se-Kota Lubuklinggau dalam implementasi kurikulum 2013. Proses pembelajaran pada penelitian ini mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (PERMENDIKBUD) Nomor 65 tahun 2013 tentang standar proses yang meliputi lima komponen. Kesiapan proses pembelajaran mengacu pada standar proses yang meliputi lima komponen yang diantaranya (1) Kesiapan karakteristirk pembelajaran, (2) Kesiapan perencanaan pembelajaran, (3) Kesiapan pelaksanaan pembelajaran, (4) Kesiapan penilaian hasil proses pembelajaran, dan (5) Kesiapan pengawasan proses pembelajaran. Penelitan ini merupakan penelitian kebijakan. Sumber data penelitian ini adalah guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Lubuklinggau yang berjumlah lima puluh enam guru. Penelitian dilaksanakan selama satu bulan di kota lubuklinggau yang memiliki SMK bidang studi keahlian Teknologi dan Rekayasa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa : (1) Kesiapan karakteristik pembelajaran guru SMK N 3 Lubuklinggau berkategori tidak siap dengan presentasi 30,4%, (2) Kesiapan perencanaan pembelajaran guru SMK N 3 Lubuklinggau berkategori siap dengan presentasi 28,6%, (3) Kesiapan pelaksanaan pembelajaran guru SMK N 3 Lubuklinggau berkategori sangat siap dengan presentasi 21,4%, (4) Kesiapan penilaian hasil proses pembelajaran guru SMK N 3 Lubuklinggau berkategori siap dengan presentasi 26,8%, (5) Kesiapan pengawasan proses pembelajaran guru SMK N 3 Lubuklinggau berkategori sangat siap dengan presentasi 39,3%. Kata Kunci : Kesiapan, Proses Pembelajaran, dan Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 21 Apr 2016 03:02
Last Modified: 30 Jan 2019 07:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31550

Actions (login required)

View Item View Item