LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NGOTO

Lasmaria Junita Nainggolan, Lasmaria Junita Nainggolan (2015) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NGOTO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12108249021_Lasmaria Junita Nainggolan_PGSD.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta merupakan program yang dilaksanakan pada semester khusus 2015. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuan dan mendapatkan pengalaman secara langsung terkait program studi yang sedang ditempuh. SD Ngoto merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi pelaksanaan PPL pada tahun 2015. Tujuan dari progran PPL adalah untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam bidang perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran di sekolah; melatih dan mengembangkan profesionalisme dalam bidang keguruan atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran; serta melatih mahsiswa untuk mengembangkan empat kopetensi yang harus dikuasai oleh seorang pendidik. Program PPL dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2012. Program PPL terdiri dari program mengajar dan non mengajar. Program mengajar meliputi praktik terbimbing dan ujian. Praktik terbimbing dilaksanakan sebanyak empat kali dan ujian dilaksanakan sebanyak dua kali. Praktik non mengajar terdiri dari kegiatan-kegiatan yang biasa dilaksanakan di SD maupun usulan-usulan kegiatan di luar mengajar dari mahasiswa maupun pihak sekolah. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL meliputi tahap observasi sekolah, penyusunan program, dan pengajuan proposal. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing dan ujian. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Pada pelaksanaan program PPL di SD Ngoto I berjalan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, akan tetapi dengan kerja sama yang solid antara para mahasiswa PPL sehingga dapat mengatasi permasalahan yang ada. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Apr 2016 02:55
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31549

Actions (login required)

View Item View Item