Pilar, Gilang Yuldhanar (2016) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KUMON UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGAPIAN DI SMK N 1 SEDAYU. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Pilar Gilang Yuldhanar 09504244009.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KUMON UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGAPIAN DI SMK N 1 SEDAYU Oleh : Pilar Gilang Yuldhanar Nim. 09504244009 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI TKR C Program Studi Teknik Kendaraan Ringan di SMK N 1 Sedayu pada mata pelajaran sistem pengapian sesudah metode pembelajaran kumon diimlementasikan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model spiral Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan mengimplementasikan metode pembelajaran kumon. Langkah-langkah dalam mengimplementasikan metode kumon ini adalah dengan membagikan modul sistem pengapian kepada siswa dengan tujuan agar siswa dapat mempelajari materi sistem pengapian terlebih dahulu. Selanjutnya melakukan tes yang dilakukuan 2 kali, tes pertama untuk mengelompokan siswa menjadi 2 kelompok kelompok A dan B. kelompok A untuk siswa yang lolos dalam tes akan diberi tugas mempelajari materi sistem pengapian selanjutnya dan kelompok B untuk siswa yang gagal dalam tes akan diberi remidi. Tes kedua adalah remidi, bagi siswa yang gagal remidi maka akan diberikan bimbingan khusus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan tes dan observasi. Hasil penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran kumon menunjukan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI TKR C di SMK N 1 Sedayu pada mata pelajaran sistem pengapian dari setiap siklusnya. Pada siklus I keaktifan belajar seluruh siswa di kelas adalah 73,44%. Pada siklus II keaktifan belajar seluruh siswa meningkat mejadi 79,82%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 68,75% siswa yang nilainya mencapai KKM dengan ratarata kelas sebesar 66,88. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 87,50% siswa yang nilainya mencapai KKM dengan rata-rata kelas sebesar 77,96. Sehingga dari siklus I sampai dengan siklus II terjadi peningkatan keaktifan belajar sebesar 6,38%, peningkatan hasil belajar sebesar 18,75% siswa yang nilainya mencapai KKM dan peningkatan rata-rata kelas sebesar 11,08. Kata kunci: metode pembelajaran kumon, keaktifan belajar, dan prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 02:16 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:26 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31535 |
Actions (login required)
View Item |