IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA (Studi Kasus pada Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan)

Pidi, Winata (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA (Studi Kasus pada Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan). S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
PIDI WINATA05501241024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA (Studi Kasus pada Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan) Oleh: Pidi Winata NIM 05501241024 ABSTRAK Tujuan penulisan Tugas Akhir Bukan Skripsi (TABS) ini adalah untuk mengetahui peran aspek sumber daya manusia (SDM), aspek kemitraan (partnership), aspek sarana prasarana, dan aspek produk terhadap implementasi pembelajaran teaching factory di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Metode pemecahan masalah pada TABS ini yaitu dengan mengolah data yang diperoleh melalui angket kemudian dikaji berdasarkan landasan pembahasan. Angket diisi oleh 13 responden yaitu para guru produktif pada Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Pengolahan data menggunakan bantuan program MS. Excell dan SPSS. Hasil kajian TABS ini menunjukkan bahwa: (1) Peran aspek sumber daya manusia sangat tinggi dalam penerapan pembelajaran teaching factory pada Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 Yogyakarta sebesar 85,62%; (2) Peran aspek partnership sangat tinggi dalam penerapan pembelajaran teaching factory pada Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 Yogyakarta sebesar 82,10%; (3) Peran aspek sarana dan prasarana sangat tinggi dalam pembelajaran teaching factory pada Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 Yogyakarta sebesar 86,10%; dan (4) Peran aspek produk tinggi dalam penerapan pembelajaran teaching factory pada Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 Yogyakarta sebesar 73,63%. Kata Kunci: Implementasi, Teaching Factory, Sumber Daya Manusia, Parnership, Sarana dan Prasarana, Produk, SMK Negeri 2 Yogyakarta

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 21 Apr 2016 02:11
Last Modified: 30 Jan 2019 07:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31532

Actions (login required)

View Item View Item