LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD NEGERI 1 SEDAYU (SUNDI LOR, ARGOREJO, SEDAYU, BANTUL) 10 AGUSTUS 2015 SAMPAI DENGAN 12 SEPTEMBER 2015

Dwijayanti Cahyaningrum, Dwijayanti Cahyaningrum (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD NEGERI 1 SEDAYU (SUNDI LOR, ARGOREJO, SEDAYU, BANTUL) 10 AGUSTUS 2015 SAMPAI DENGAN 12 SEPTEMBER 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DWIJAYANTI CAHYANINGRUM (1208244137).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan merupakan wahana atau sarana yang bermanfaat bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman dalam proses pendidikan di sekolah beserta permasalahan-permasalahan yang ada di dalamnya. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa terutama dalam hal mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi keguruan atau kependidikan yang diperlukan dalam bidang masing-masing, serta peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab serta memahami karakteristik siswa sekolah dasar secara langsung. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada semester khusus tahun 2015, dari bulan Agustus sampai September. SD Negeri 1 Sedayu merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi salah satu lokasi PPL pada tahun 2015. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL ini adalah kegiatan mengajar dan non mengajar yang dilaksanakan selama 1 bulan, dimulai dari tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan di kelas, praktikan menyusun perangkat pembelajaran, yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, serta kelengkapan pembelajaran lainnya. Setelah itu melakukan evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran. Dari pelaksanaan kegiatan PPL, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi sebagai guru kelas, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, keterampilan, dan nilai sikap yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SD N 1 Sedayu, UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Apr 2016 02:02
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31526

Actions (login required)

View Item View Item