LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL )

Diyah Bekti Lestari, Diyah Bekti Lestari LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
00. Cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I, II, III.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

PPL (Program Pengalaman Lapangan) merupakan bentuk aplikasi ilmu yang telah diterima di bangku perkuliahan. Praktik pengalaman lapangan (PPL) adalah suatu bentuk pendidikan yang memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa di lapangan. Program PPL bertujuan untuk menumbuhkembangkan sikap dan kepribadian mahasiswa sebagai calon pendidik yang memiliki sikap dewasa dalam bertindak, berpikir, berdisiplin dalam melaksanakan tugas dan kewajiban serta memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah serta masyarakat di sekelilingnya. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP N 2 Bantul tepatnya di Jalan Raya Bantul Nomor 2/III Bantul dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan tanggal 12 September 2015. Berdasarkan hasil obeservasi di SMP N 2 Bantul yang dilaksanakan pada tanggal 8 April 2015, maka dirumuskan program kerja PPL. Ada dua program yang direncanakan yaitu program utama individu dan program penunjang. Program utama individu adalah program yang praktikan rencanakan dan laksanakan secara individu untuk peningkatan sumber daya warga sekolah, seperti membuat RPP, praktik mengajar, menyusun administrasi mengajar, dan penyusunan evaluasi pembelajaran. Sedangkan program penunjang adalah pembuatan powerpoint bahan ajar. Namun dalam praktiknya terdapat beberapa program insidental seperti Piket, Kegiatan Keagamaan, Diskusi Dengan Teman Sejawat,Perkenalan OSIS, Penataan Buku Perpustakaan, Persiapan dan Pelaksanaan Lomba HUT RI Ke 70, Pengajian Bersama Guru-Guru, Dan Memperingati Hari Olahraga Nasional. Setelah melaksanakan kegiatan PPL mahasiswa mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman baru yang bermanfaat untuk bekal menjadi pendidik yang professional dan berkarakter di masa depan. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan SMP N 2 Bantul, agar kegiatan PPL berikutnya akan lebih baik dan lebih menghasilkan sesuatu yang bermanfaat baik bagi perkembangan sekolah, siswa serta mahasiswa praktikan itu sendiri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP N 2 Bantul
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Apr 2016 01:45
Last Modified: 01 Oct 2019 12:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31515

Actions (login required)

View Item View Item