PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MODUL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PENGAPIAN SEPEDA MOTOR DI SMK MUHAMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO BANTUL

Muhammad, Mukhlas Fathoni (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MODUL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PENGAPIAN SEPEDA MOTOR DI SMK MUHAMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO BANTUL. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MODUL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PEN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MODUL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PENGAPIAN SEPEDA MOTOR DI SMK MUHAMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO BANTUL ABSTRAK Muhammad Mukhlas Fathoni 08504245004 Salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar siswa adalah kurang tepatnya penerapan penggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran yang diajarkan. Oleh sebab itu dibutuhkan suatu alternatif untuk mengembangkan pembelajaran. Alternatif itu diantaranya adalah pembelajaran dengan model pembelajaran modul. Tujuan dari penelititan ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar dengan penggunaan model pembelajaran modul pada mata diklat pengapian sepeda motor pada Program Studi Teknik Sepeda Motor di SMK Muhamadiyah 1 Bambanglipuro Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian experimen dengan menggunakan desain penelitian Quasi Eksperiment Control Group. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Muhamadiyah 1 Bambanglipuro, dengan jumlah siswa 111. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik Aksidental Sampling. Jumlah sampel sebanyak 40 siswa yang terbagi dalam 2 kelompok yaitu kelas XI Motor A sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI Motor B sebagai kelompok kontrol dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes. Validitas instrumen ini melalui pendapat para ahli (judgement expert) dan análisis butir instrumen. Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan rumus KR 20. Berdasarkan hasil análisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar yang signifikan antara siswa kelas yang diberikan model pembelajaran modul (kelas eksperimen) dengan kelas yang diberi model pembelajaran ceramah (kelas kontrol). Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis data uji beda (ttest) dengan bantuan komputer program Microsoft office Excel 2007 yaitu, thitung lebih besar dari ttabel uji satu pihak yaitu sebesar 1,859 > 1,729 dengan perolehan rerata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu sebesar 72,75 > 69,12. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran modul memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. vi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 21 Apr 2016 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 07:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31514

Actions (login required)

View Item View Item