LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL )

Bahrun Najib, Bahrun Najib (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
00. Cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
01. Lbr Pengesahan, daftr isi, kt pngantar, abstrak, lampiran.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. Bab Najib I, II, III.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) terus mengembangkan salah satu fungsinya yaitu untuk mempersiapkan serta menghasilkan guru atau tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa dalam serangkaian mata kuliah yang salah satunya adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktik pengalaman lapangan (PPL) adalah suatu bentuk pendidikan yang memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa di lapangan. Program PPL bertujuan untuk menumbuhkembangkan sikap dan kepribadian mahasiswa sebagai calon pendidik yang memiliki sikap dewasa dalam bertindak, berpikir, berdisiplin dalam melaksanakan tugas dan kewajiban serta memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah serta masyarakat di sekelilingnya. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP N 2 Bantul tepatnya di Jalan Raya Bantul Nomor 2/III Bantul dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai dengan tanggal 12 September 2015. Berdasarkan hasil obeservasi di SMP N 2 Bantul yang dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2015, maka dirumuskan program kerja PPL. Ada dua program yang direncanakan yaitu program utama individu dan program penunjang. Program utama individu adalah program yang praktikan rencanakan dan laksanakan secara individu untuk peningkatan sumber daya warga sekolah, sseperti membuat RPP, praktik mengajar, menyusun administrasi mengajar, dan penyusunan evaluasi pembelajaran. Sedangkan program penunjang adalah pembuatan powerpoint bahan ajar, pengadaan media pembelajaran, dan pengadaan LKS. Setelah masa PPL berakhir, diharapkan pihak siswa akan terus berusaha untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya di semua bidang dan dapat menemukan cara belajar yang kreatif. Kegiatan PPL ini juga diharapkan dapat memberikan pengalaman secara nyata bagi praktikan, sehingga nantinya dapat menjadi guru atau pendidik yang profesional yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan dan keterampilan yang memadai sesuai dengan bidang masing-masing. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan SMP N 2 Bantul, agar kegiatan PPL berikutnya akan lebih baik dan lebih menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi perkembangan sekolah, siswa dan mahasiswa praktikan itu sendiri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP N 2 Bantul, Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Apr 2016 01:42
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31513

Actions (login required)

View Item View Item