HUBUNGAN PRESTASI PRAKTIK KERJA INDUSTRI DENGAN KESIAPAN MENTAL KERJA SISWA KELAS III JURUSAN TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF SMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO BANTUL

PANDU, DENI SETIAWAN (2016) HUBUNGAN PRESTASI PRAKTIK KERJA INDUSTRI DENGAN KESIAPAN MENTAL KERJA SISWA KELAS III JURUSAN TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF SMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO BANTUL. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Pandu Deni Setiawan - 08504242001.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN PRESTASI PRAKTIK KERJA INDUSTRI DENGAN KESIAPAN MENTAL KERJA SISWA KELAS III JURUSAN TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF SMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO BANTUL Oleh : PANDU DENI SETIAWAN 08504242001 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui tingkat prestasi praktik kerja industri siswa kelas III Jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK Muhammadiah I Bambanglipuro Bantul, (2) Mengetahui tingkat kesiapan mental kerja siswa kelas III Jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK Muhammadiah I Bambanglipuro Bantul, dan (3) Mengetahui hubungan prestasi praktik kerja industri dengan kesiapan mental kerja siswa kelas III Jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK Muhammadiah I Bambanglipuro Bantul. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas III Jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK Muhammadiah I Bambanglipuro Bantul Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 89 siswa. Metode pengambilan data variabel kesiapan mental kerja menggunakan angket dengan skala likert dan variabel prestasi praktik kerja industri dengan menggunakan metode dokumentasi nilai praktik kerja industri. Validitas instrumen penelitian dihitung menggunakan korelasi Product Moment, sedangkan reliabilitas instrumennya menggunakan rumus Alpha Chronbach. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan korelasi sederhana dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Prestasi praktik kerja industri kelas III Jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK Muhammadiyah I Bambanglipuro Bantul termasuk dalam kategori sangat tinggi yang dicapai oleh 58 siswa dengan nilai rata-rata 8,5, (2) Kesiapan mental kerja kelas III Jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK Muhammadiyah I Bambanglipuro Bantul termasuk dalam kategori tinggi yang dicapai oleh 35 siswa Indikator yang mempunyai nilai tinggi adalah rasa percaya diri dengan nilai 358, sedangkan indikator yang mempunyai nilai terendah adalah memiliki pertimbangan yang logis dan obyektif dengan nilai 227, (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara prestasi praktik kerja industri dengan kesiapan mental kerja siswa kelas III Jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK Muhammadiah I Bambanglipuro Bantul. Hal ini ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0,229 dan (rhitung 0,229> rtabel 0.207). Berdasarkan pada tabel interpretasi, harga rhitung sebesar 0,229 termasuk dalam kategori rendah. Jadi terdapat kekuatan hubungan yang rendah antara prestasi praktik kerja lapangan dengan kesiapan mental kerja siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 21 Apr 2016 01:33
Last Modified: 30 Jan 2019 07:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31507

Actions (login required)

View Item View Item