LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 KRETEK TAHUN AJARAN 2015/2016 Genting, Trimulyo, Kretek, Bantul, Yogyakarta

Heri Yulianta, Heri Yulianta (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 KRETEK TAHUN AJARAN 2015/2016 Genting, Trimulyo, Kretek, Bantul, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
laporan heri.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini, praktik pengalaman lapangan diselenggarakan di lokasi SMA Negeri 1 Kretek yang beralamat di Genting, Trimulyo Kretek Bantul Yogyakarta. Tujuan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri menjadi tenaga yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanankan di lokasi SMA Negeri 1 Kretek dan berlangsung selama kurang lebih 5 minggu, sejak tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, sosial, serta memberikan kesempatan untuk mempelajari, mengenal, dan mengamati permasalahan-permasalahan yang ada di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran pada umumnya dan pembelajaran Kimia pada khususnya. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi kegiatan observasi pembelajaran di kelas yang dilaksanakan pada saat KBM berlangsung dan pembuatan perangkat pembelajaran. Inti kegiatan praktik pengalaman lapangan ini terdiri dari dua bidang yaitu praktik mengajar dan administrasinya serta kegiatan rutin piket harian yaitu jaga piket dan perpustakaan. Kegiatan praktik mengajar dimulai dari tanggal 10 Agustus – 12 September 2015 dengan mata pelajaran Kimia. Jumlah jam mengajar yaitu 3 jam per minggu di kelas X2 dan X4, dengan tambahan kelas X3 2 jam pelajaran, kelas XI IPA 1 2 jam pelajaran, kelas XI IPA 2 4 jam pelajaran, XII IPA 1 3 jam pelajaran dan XII IPA 2 2jam pelajaran.Dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan ini praktikan menggunakan media White Board, dan Power Point. Sedangkan untuk metode atau strategi pembelajaran yang digunakan diskusi, ceramah, dan presentasi oleh siswa. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan baik dan dapat memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan minimal 4 kali pembelajaran. Hambatan yang ditemui oleh praktikan dalam melaksanakan PPL adalah (1). Dari praktikan, penguasaan kelas yang masih perlu ditngkatkan lagi (2). Pembagian waktu dalam mengajar kurang efektif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Apr 2016 01:13
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31496

Actions (login required)

View Item View Item