Paradigma dan Kebijakan Pendidikan Taman Kanak-kanak: Studi Multikasus Tiga Tipe Taman Kanak-kanak

Suherman, Wawan Sundawan (2012) Paradigma dan Kebijakan Pendidikan Taman Kanak-kanak: Studi Multikasus Tiga Tipe Taman Kanak-kanak. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertas-wawan sundawan suherman-08703261017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) paradigma dan teori pendidikan TK yang dipergunakan sebagai landasan dalam penyelenggaraan pendidikan TK, (2) kebijakan pendidikan Pemkab Sleman yang dipergunakan dan pengimplementasiannya oleh penyelenggara pendidikan TK, (3) penyelenggaraan pendidikan TK yang dipraktikkan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, dan (4) kaitan antara kebijakan pendidikan yang dikeluarkan oleh Pemkab Sleman, paradigma dan teori pendidikan TK dengan penyelenggaraan pendidikan TK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode multikasus. Kasus-kasus yang diteliti adalah Paradigma dan Teori Pendidikan TK, Kebijakan Pendidikan TK yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Sleman, dan Penyelenggaraan Pendidikan TK dengan setting TK Ceria Demangan Baru, TK Model Sleman, dan TK IT Husnayain Tempel. Sumber data yang dijadikan objek penelitian adalah (1) pejabat Dinas Dikpora tentang kebijakan pendidikan TK; (2) ahli pendidikan mengenai paradigma dan teori pendidikan; (3) pengawas, kepala sekolah, guru, orangtua siswa tentang paradigma, teori, dan penyelenggaraan pendidikan TK; dan (4) dokumen, baik printed maupun elektronik mengenai paradigma, teori, kebijakan pendidikan TK, dan penyelenggaraan pendidikan TK. Pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis kualitatif muatan dokumen. Keabsahan (trustworthiness) data dijaga dengan kredibilitas atau validitas internal, konsistensi/dependabilitas atau reliabilitas, transferabilitas atau validitas eksternal, dan etika penelitian. Data dianalisis mempergunakan a multi-phased deductive coding approach dengan langkah-langkah (1) mengorganisasikan dan mereduksi data (data organization and reduction), (2) penyajian data (data display), dan pengambilan kesimpulan dan verifikasi (summarizing and verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) TK Ceria memanfaatkan Paradigma Hak Asasi Manusia; TK Model memanfaatkan Paradigma Ekonomi dan Politik; dan TK IT memanfaatkan Paradigma Sosial dan Budaya, (2) TK Ceria menggunakan Teori Sumberdaya Manusia; TK Model memanfaatkan Teori Rekonstruksionisme; dan TK IT menggunakan Teori Revitalisasi Budaya, (3) Kebijakan pendidikan Pemkab Sleman dipergunakan sebagai landasan penyelenggaraan pendidikan dengan implementasi yang bervariasi di ketiga TK, (4) Menggunakan Teori Pergeseran Budaya Prasekolah oleh Tobin, Wu, dan Davidson (1989); dan Teori Pergeseran Paradigma Pendidikan PAUD oleh Woodhead (2006)menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan antara paradigma, teori, kebijakan, dan penyelenggaraan pendidikan TK.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: tipe Taman Kanak-kanak, kebijakan pendidikan, paradigma pendidikan, teori pendidikan, penyelenggaraan pendidikan TK
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2016 00:42
Last Modified: 11 Oct 2022 04:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31493

Actions (login required)

View Item View Item