Peningkatan Kemampuan dan Motivasi Menulis Puisi dengan Teknik Menulis Puisi Akrostik Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Nurmiati, Yunita (2012) Peningkatan Kemampuan dan Motivasi Menulis Puisi dengan Teknik Menulis Puisi Akrostik Siswa Kelas V Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yunita-nurmiati-10712259022.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi dan motivasi menulis siswa kelas V SDN 2 Labunganak di kabupaten Hulu Sungai Tengah. Karena menulis puisi termasuk bagian dari menulis kreatif yang perlu dipelajari oleh siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, model yang digunakan adalah adaptasi dari model yang dikembangkan oleh Kemmis & McTaggart. Tahapan penelitian terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Labunganak di kabupaten Hulu Sungai Tengah. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar wawancara, penilaian produk akhir, dan lembar angket motivasi menulis siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, penugasan, dan angket. Hasil pengumpulan data berupa data proses dan data produk yang berasal dari observasi, wawancara dan penugasan akan dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif (pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan kesimpulan). Untuk hasil pengumpulan data yang berasal dari angket motivasi akan dilakukan analisis secara kuantitatif, total skor semua unit yang telah terkumpul kemudian dihitung persentasenya untuk masing-masing kategori motivasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Kemampuan menulis puisi pada tahap pemunculan ide di siklus I meningkat dari rata-rata skor 72,33 menjadi 78,33 di siklus II, pada tahap penulisan di siklus 1 meningkat dari rata-rata skor 73,33 menjadi 82 di siklus II, dan pada tahap penyajian di siklus I meningkat dari rata-rata skor 75,67 menjadi 87,67 di siklus 2. (2) Terjadi peningkatan motivasi menulis siswa akibat penerapan TMPA. Motivasi menulis siswa pada siklus I yang tergolong sedang, meningkat menjadi sangat tinggi pada siklus II.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Teknik Menulis Puisi Akrostik (TMPA), kemampuan menulis puisi, motivasi menulis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2016 09:05
Last Modified: 29 Jan 2019 08:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31491

Actions (login required)

View Item View Item