PENGARUH PENGGUNAAN HANDOUT MATA PELAJARAN MENGGERINDA PAHAT DAN ALAT POTONG TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Wawan , Wardiyanto (2011) PENGARUH PENGGUNAAN HANDOUT MATA PELAJARAN MENGGERINDA PAHAT DAN ALAT POTONG TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (dokumen)
THE_INFLUENCE_OF_THE_USE_OF_HANDOUT_FOR_THE_SUBJECT_OF_GRINDING_CHISEL_AND_CUTTING_TOOLS_TOWARD_STUDENTS_LEARNING_ACHIEVEMENT_FOR_CLASS_II_IN_SMK_STATE_3_YOGYAKARTA.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa yang tidak menggunakan handout dengan siswa yang menggunakan handout pada mata pelajaran menggerinda pahat dan alat potong di kelas 2 Jurusan Teknik Permesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas 2 Jurusan Teknik Permesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan secara random sampling yaitu memilih kelas secara acak. Kelas yang dijadikan eksperimen adalah kelas 2 TP 4 dan kelas yang dijadikan kontrol adalah kelas 2 TP 3. Jumlah siswa dari masing-masing kelas adalah 30 siswa. Siswa Kelas 2TP4 menggunakan handout pada saat proses pembelajaran siswa menyimak dan mendengarkan materi yang disampaikan serta siswa melengkapi materi yang kosong pada handout. Sedangkan kelas 2TP3 menggunakan fotokopian materi pada saat proses pembelajaran siswa hanya menyimak dan mendengarkan materi yang disampaikan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Sebelum dilakukan uji t, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Taraf signifikansi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 0,05. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa prestasi siswa kelompok kontrol pada saat pre test nilai rata-ratanya 56,13. Sedangkan siswa kelompok eksperimen pada saat pre test nilai rata-ratanya sebesar 54,10. Setelah diberi perlakuan kemudian dilakukan post test untuk mengetahui kondisi akhir siswa. Prestasi siswa yang tidak menggunakan handout nilai rata-rata post test sebesar 65,13. Sedangkan siswa yang menggunakan handout nilai rata-rata post test sebesar 80,47. Dari hasil uji t diketemukan t hitung > t tabel yaitu 15,872 > 2,002. Dengan hasil tersebut dapat diketahui bahwa pada kelompok eksperimen terdapat peningkatan prestasi belajar yang signifikan setelah diberi perlakuan berupa penggunaan handout dibandingkan dengan prestasi belajar kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 23:58
Last Modified: 29 Jan 2019 15:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3148

Actions (login required)

View Item View Item