PEMBELAJARAN TEKS ULASAN FILM DAN DRAMA PADA KURIKULUM 2013 BAGI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Apriyatin Nupus, Iis (2016) PEMBELAJARAN TEKS ULASAN FILM DAN DRAMA PADA KURIKULUM 2013 BAGI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran teks ulasan film/ drama pada kurikulum 2013 bagi siswa kelas XI SMK Negeri 2 Yogyakarta. Empat tema yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yakni (1) pemilihan materi, penggunaan metode, pemanfaatan media dan pelaksanaan evaluasi; (2) penerapan pendekatan saintifik kurikulum 2013; (3) faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran; dan (4) upaya guru dalam mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru bahasa Indonesia beserta para siswa kelas XI TGB 3 SMK Negeri 2 Yogakarta yang berjumlah 29 orang dan objek penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran teks ulasan film/ drama. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data antara lain: lembar pengamatan, lembar wawancara, dan pedoman/lembar penilaian pembelajaran menyusun teks ulasan. Teknik analisis data dalam penelitian, yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) pemilihan materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru menunjukkan adanya gradasi taksonomi berpikir ranah pengetahuan dan keterampilan. Penggunaan metode pembelajaran dari pertemuan kesatu sampai ketujuh adalah ceramah, simulasi, latihan, tanya jawab, diskusi kelompok, presentasi, dan penugasan. Guru melakukan variasi metode dengan menggunakan lebih dari satu metode pembelajaran di setiap pertemuan. Pemanfaatan media oleh guru, sudah cukup menyampaikan pesan pembelajaran. Media yang digunakan guru adalah media pandang, media cetak, dan media audio visual. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru meliputi tiga aspek kompetensi yaitu, aspek sikap dan keterampilan yang dievaluasi pada saat pembelajaran dan aspek pengetahuan yang dievaluasi setelah pembelajaran. Pelaksanaan evaluasi sudah sesuai dengan Standar Penilaian Pendidikan Permendikbud, No. 66 Tahun 2013 Bab II, (2) pendekatan saintifik yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran teks ulasan film/ drama sudah sesuai dengan Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses. Langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik yang diterapkan meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengomunikasikan, (3) faktor penghambat yang terjadi pada pelaksanaan pembelajaran teks ulasan, yaitu terletak pada aspek guru sendiri, peserta didik dan sistem pembelajaran Kurikulum 2013 yang tergolong baru, (4) upaya guru dalam mengatasi hambatan tersebut yaitu dengan mengefektifkan waktu pembelajaran dan memberi pekerjaan rumah (PR) untuk siswa, memvariasi materi pembelajaran dengan media yang digunakan dan memberikan penugasan bacaan yang berhubungan dengan materi pembelajaran dan pengembangan kompetensi guru dalam menyusun perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 20 Apr 2016 08:42
Last Modified: 30 Jan 2019 07:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31473

Actions (login required)

View Item View Item