PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI LINGKARAN UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

Widyarini, Diah Hapsari and Sugiyono, Sugiyono (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI LINGKARAN UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS dengan pendekatan kontekstual pada materi Lingkaran untuk siswa SMP kelas VIII yang memiliki kualifikasi valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS dengan pendekatan kontekstual pada materi Lingkaran untuk siswa SMP kelas VIII. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, angket respon siswa dan guru serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, dan tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berupa tiga RPP dan lima LKS dengan pendekatan kontekstual yang mencakup tiga KD pada materi Lingkaran untuk siswa SMP kelas VIII. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kualifikasi valid ditunjukkan oleh skor rata-rata penilaian kevalidan RPP yaitu 4,64 dan skor rata-rata kevalidan LKS yaitu 4,44 dengan skor maksimal masing-masing adalah 5. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kualifikasi praktis ditunjukkan oleh skor rata-rata respon siswa yaitu 4,1 dan skor rata-rata respon guru yaitu 4,25 dengan skor maksimal masing-masing adalah 5, serta ditinjau dari persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran yang mencapai 98,04%. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran memenuhi kualifikasi efektif ditinjau dari perolehan hasil tes hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 81,91 dari skor maksimal 100 dan persentase ketuntasan mencapai 81,25%. Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Kontekstual, Lingkaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 20 Apr 2016 09:00
Last Modified: 30 Jan 2019 07:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31464

Actions (login required)

View Item View Item