LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Septi Wahyuni, Septi Wahyuni (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL SEPTI WAHYUNI.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mempunyai program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan oleh mahasiswa program studi kependidikan sebagai kegiatan menyangkut profesinya sebagai tenaga pendidik.. Di mana dalam pengembangannya masih tetap mempertahankan dan terus harapkan program PPL ini dapat mempersiapkan serta menghasilkan guru atau tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan sehingga menjelama menjadi tenaga professional pendidikan. Pada kegiatan ini para mahasiswa dituntut untuk bisa berkreasi dalam penerapan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari ke dalam kehidupan nyata di lapangan serta dengan kegiatan PPL ini mahasiswa dapat belajar secara langsung di lapangan dengan mendapatkan pengalaman-pengalaman secara langsung.Lokasi yang digunakan untuk melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan adalah sekolah atau lembaga lainnya. Dalam kesempatan ini penulis melaksanakan kegiatan PPL di SMP 2 Sewon, yang beralamat di Jl. Jalan Parangtritis km 6, Sewon, Bantul Kegiatan atau program PPL dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Sebelum kegiatan dilaksanakan terlebih dahulu diawali dengan berbagai persiapan. Persiapan tersebut menyangkut kegiatan yang diprogramkan dari UNY maupun yang diprogramkan secara individu oleh mahasiswa, yang meliputi pengajaran mikro, pembekalan, observasi dan pembuatan perangkat pembelajaran. Hasil dari kegiatan PPL di SMP N 2 Sewon antara lain melaksanakan program mengajar baik terbimbing ataupun mandiri dan program non mengajar. Program mengajar dilaksanakan sebanyak 18 kali yaitu di kelas VIIB, VIID, VIIF, VIIG, VIIIF, dan IXA dengan menggunakan 7 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Mahasiswa praktikan juga melaksanakan program mengajar tambahan sebanyak 5 kali yaitu di kelas IX C, VIIH, VIIIA, dan VIIIC ketika guru mata pelajaran bahasa jawa berhalangan untuk masuk di kelas. Selain program mengajar juga terdapat program non mengajar seperti membantu guru piket, pendampingan les, dan pendampingan ekstrakulikuler. Kesimpulan dari PPL yang telah dilaksanakan adalah bahwa mahasiswa praktikan memiliki pengalaman mengajar berupa menghadapi kondisi dan situasi peserta didik secara nyata, sebagai salah satu bentuk kemampuan untuk dapat menyampaikan materi pembelajaran maupun kemampuan untuk menyampaikan suatu pendapat, pengarahan dan penjelasan di depan umum sehingga sangat bermanfaat apabila terjun di sekolah atau lembaga nantinya sebagai pelengkap teori-teori yang telah didapatkan pada saat bangku kuliah. Kegiatan PPL ini juga sangat bermanfaat bagi mahasiswa, yaitu mahasiswa dapat memperoleh pengalaman tentang cara berfikir dan bekerja secara interdisipliner, sehingga dapat memahami adanya keterkaitan ilmu dalam mengatasi permasalahan pembelajaran dan pendidikan yang ada disekolah atau lembaga.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: UNY, PPL, SMP 2 Sewon, mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Apr 2016 07:09
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31462

Actions (login required)

View Item View Item