PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI PATALAN BARU BANTUL

Sumiyati, Sumiyati (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI PATALAN BARU BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SUMIYATI_12105241025.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan produk multimedia pendidikan karakter peduli lingkungan yang layak digunakan oleh siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development). Penelitian dan pengembangan multimedia ini melalui 3 tahapan, yaitu studi pendahuluan, perencanaan, dan pengembangan. Pada tahap pengembangan, dilakukan validasi ahli materi dan ahli media, uji coba perorangan dengan jumlah subjek uji coba 3 siswa, uji coba kelompok kecil dengan jumlah subjek uji coba 10 siswa, dan uji coba lapangan dengan jumlah subjek uji coba 58 siswa. Data diperoleh melalui angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan skala lima untuk ahli materi, ahli media, dan guru, sedangkan untuk siswa menggunakan skala tiga. Hasil penelitian berupa produk multimedia yang telah divalidasi dan diujicobakan ke lapangan. Pada tahap validasi ahli, hasil validasi ahli materi dengan skala 5 pada aspek pembelajaran adalah 4,35 (Sangat Baik), aspek materi 4,57 (Sangat Baik). Hasil validasi ahli media pada aspek fisik 4,50 (Sangat Baik), aspek tampilan 4,31 (Sangat Baik), dan aspek pemrograman 4,33 (Sangat Baik). Pada tahap uji coba, hasil penilaian guru pada aspek tampilan adalah 4,36 (Sangat Baik), aspek pemrograman 4,66 (Sangat Baik), aspek materi 4,60 (Sangat Baik), aspek pembelajaran 4,80 (Sangat Baik). Dengan menggunakan teknik skala tiga, hasil uji coba perorangan 2,73 (Baik), hasil uji coba kelompok kecil 2,82 (Baik), dan uji coba lapangan 2,83 (Baik). Jadi dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan telah layak untuk digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 20 Apr 2016 09:00
Last Modified: 30 Jan 2019 07:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31454

Actions (login required)

View Item View Item