LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Arif Tri Kuncoro, Arif Tri Kuncoro (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL ARIF TRI KUNCORO.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mempunyai program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan oleh mahasiswa program studi kependidikan sebagai kegiatan menyangkut profesinya sebagai tenaga pendidik. Dengan kebijakaan ini, diharapkan program PPL dapat mempersiapkan serta menghasilkan guru atau tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat menjadi tenaga pendidik yang professional. Pada kegiatan ini para mahasiswa dituntut untuk dapat berkreasi dalam penerapan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh dan dikembangkan kepada masyarakat, terutama masyarakat sekolah. Pelaksanaan PPL UNY 2015 bertempat di SMP Negeri 2 Sewon, dengan melaksanakan program-program kegiatan baik yang bersifat mengajar maupun non-mengajar sesuai program studi yang dikuasai mahasiswa. Kegiatan PPL dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Berbagai persiapan telah dilakukan sebelum kegiatan PPL dilaksanakan. Persiapan tersebut menyangkut kegiatan yang diprogramkan dari UNY maupun yang diprogramkan secara individu oleh praktikan, yang meliputi pengajaran mikro, pembekalan, observasi dan pembuatan perangkat pembelajaran, dan RPP, praktik mengajar, dan evaluasi pembelajaran. Hasil dari kegiatan PPL di SMP N 2 Sewon antara lain praktik mengajar sebanyak 14 kali tatap muka pertemuan di kelas VIII A dan VIII B. Dengan materi Surat Resmi, Wawancara, Membaca Petunjuk, dan Membaca Denah. Mengajar les di kelas VII E, VII F, VII G, dan VII H. Melaksanakn program non-mengajar yaitu melakukan presensi di setiap kelas dan program 3S dengan siswa dipagi hari. Pelaksanaan PPL ini tentulah bermanfaat bagi praktikan, walaupun ada beberapa hambatan. Namun, dengan hal itu praktikan dapat mengetahui kekurangan dan kelebihannya dalam mengajar. Sehingga, praktikan dapat terpacu untuk menemukan solusi dalam memecahkan hambatan tersebut dan menghasilkan pengalaman yang berguna bagi masa depan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: UNY, PPL UNY 2015, SMP 2 Sewon
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Apr 2016 06:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31447

Actions (login required)

View Item View Item