PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA SISWA KELAS V SD N SARIKARYA DEPOK SLEMAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING

Retno Wulan, Dyah (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA SISWA KELAS V SD N SARIKARYA DEPOK SLEMAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Dyah Retno Wulan_07205244151.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA SISWA KELAS V SD SARIKARYA DEPOK SLEMAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING Oleh Dyah Retno Wulan NIM 07205244151 ABSTRAK Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini, untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa siswa kelas V SD Sarikarya Depok Sleman. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Sarikarya Depok Sleman yang berjumlah 28 siswa dalam satu kelas. Pelaksanaan tindakan kelas pada penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Pengumpulan data diperoleh dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari pratindakan, siklus I, siklus II, dan siklus III. Metode role playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa dan meningkatkan proses pembelajaran berbicara bahasa Jawa. Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Jawa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata prataindakan, siklus I, siklus II, dan siklus III. Nilai rata-rata sebelum dikenai tindakan (Pratindakan) sebesar 54,93. Nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I sebesar 59,28. Hal tersebut berarti nilai berarti nilai rata-rata dari pratindakan ke siklus I sebesar mengalami peningkatan sebesar 4,35 atau 7,92%. Nilai rata-rata siklus II sebesar 65,03, berarti mengalami peningkatan sebesar 5,75 atau 9,7% dari hasil siklus I. Selanjutnya, hasil nilai rata-rata yang diperoleh siklus III sebesar 75,60 yang meningkat 10,57 atau sebesar 16,25% dari hasil siklus II. Peningkatan proses pembelajaran ditandai dengan adanya perkembangan proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan menarik dan menyenangkan, selama pembelajaran berlangsung siswa berperan aktif. Keberhasilan proses juga dilihat dari keberanian siswa dalam maju di depan kelas untuk berbicara ketika pembelajaran berlangsung, siswa sudah berani berbicara lantang di depan kelas dan mata tertuju pada seluruh penjuru ruang kelas, siswa merespon dengan semangat dan penuh perhatian apa yang diperintahkan oleh guru dan siswa kelihatan antusias dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: BERBICARA BAHASA JAWA, SD SARIKARYA DEPOK, METODE ROLE PLAYING
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jawa
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 20 Apr 2016 03:55
Last Modified: 24 Sep 2020 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31433

Actions (login required)

View Item View Item