PERUBAHAN KATA SERAPAN BAHASA ARAB DALAM BAHASA JAWA PADA MAJALAH DJAKA LODANG YANG TERBIT PADA BULAN RAMADHAN TAHUN 2010

Marfuah, Dwi (2012) PERUBAHAN KATA SERAPAN BAHASA ARAB DALAM BAHASA JAWA PADA MAJALAH DJAKA LODANG YANG TERBIT PADA BULAN RAMADHAN TAHUN 2010. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Dwi Marfuah_07205241015.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PERUBAHAN KATA SERAPAN BAHASA ARAB DALAM BAHASA JAWA PADA MAJALAH DJAKA LODANG YANG TERBIT PADA BULAN RAMADHAN TAHUN 2010 Oleh Dwi Marfuah NIM 07205241015 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada kata serapan bahasa Arab ke dalam bahasa Jawa. Perubahan tersebut meliputi perubahan bentuk perubahan fonem, perubahan kategori, dan perubahan makna kata serapan bahasa Arab dalam bahasa Jawa. Data penelitian berupa kata serapan bahasa Arab dalam bahasa Jawa yang terdapat dalam majalah Djaka Lodang edisi bulan Ramadhan tahun 2010. Adapun majalah yang menjadi subjek penelitian berjumlah 4 majalah, sedangkan objek penelitian ini adalah semua kata serapan bahasa Arab dalam bahasa Jawa yang terdapat dalam 4 majalah tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan catat. Kegiatan membaca dilakukan secara berulang-ulang terhadap majalah Djaka Lodang edisi Agustus-September 2010, kemudian dilanjutkan dengan mencatat data penelitian ke dalam kartu data. Selanjutnya, data dicek dengan menggunakan kamus Baoesastra Djawa dan dirunut asal katanya dengan menggunakan kamus Indonesia-Arab Al-Munawwir. Analisis data menggunakan metode padan, yaitu dengan cara menghubung-bandingkan unsurunsur yang bersifat lingual yang terdapat dalam bahasa Arab dan bahasa Jawa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kata serapan bahasa Arab tidak begitu saja diserap ke dalam bahasa Jawa, tetapi mengalami beberapa perubahan. Perubahan tersebut meliputi perubahan bentuk, perubahan fonem, perubahan kategori, dan perubahan makna. Perubahan-perubahan yang terjadi melibatkan cabang ilmu etimologi, fonologi, morfologi, dan semantik. Perubahan bentuk terjadi melalui penyesuaian secara fonologis, dan morfologis. Perubahan bentuk yang terjadi meliputi penghilangan akhiran un, penyesuaian pola suku kata, perubahan bentuk jamak menjadi tunggal, dan penyesuaian fonem. Perubahan fonem terjadi karena bahasa Arab dan bahasa Jawa memiliki fonem yang berbeda. Perubahan fonem tersebut meliputi: (1) perubahan fonem vokal, (2) Perubahan vokal panjang menjadi vokal pendek, (3) perubahan diftong menjadi monoftong, (4) penambahan vokal, (5) perubahan fonem konsonan, dan (6) perubahan konsonan rangkap menjadi konsonan tunggal. Perubahan kategori terjadi karena bahasa Arab dan bahasa Jawa memiliki kaidah bahasa yang berbeda. Perubahan kategori tersebut meliputi perubahan nomina menjadi adjektiva, dan perubahan nomina menjadi verba. Perubahan makna terjadi disebabkan faktor kebahasaan dan nonkebahasaan. Perubahan makna yang terjadi meliputi perubahan makna meluas, perubahan makna menyempit, dan perubahan makna total.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: BAHASA ARAB, MAJALAH DJAKA LODANG, BULAN RAMADHAN
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Daerah
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jawa
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 20 Apr 2016 03:31
Last Modified: 20 Apr 2016 03:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31431

Actions (login required)

View Item View Item