PENGEMBANGAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE TUTOR TEMAN SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PIYUNGAN

Muhammad Zahrul Mahdi, Muhammad (2016) PENGEMBANGAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE TUTOR TEMAN SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PIYUNGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Muhammad Zahrul Mahdi_11104241028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 2 Piyungan melalui bimbingan kelompok dengan metode tutor sebaya serta mendeskripsikan prosesnya. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan (action research) dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 27 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Piyungan yang mempunyai nilai matematika dibawah standar KKM. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar matematika dan pedoman observasi. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi, sedangkan uji realibilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas tes hasil belajar sebesar 0, 926. Untuk analisis data digunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan kriteria keberhasilan minimal nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil penelitian ini yaitu: 1) Hasil belajar matematika siswa dapat ditingkatkan dengan pemberian bimbingan kelompok melalui metode tutor teman sebaya. Hal ini dibuktikan dengan adanya penurunan presentase siswa yang memiliki nilai rendah setelah pemberian tindakan pada siklus pertama dari 22% menjadi 4% dan dilanjutkan pada siklus kedua dengan penurunan presentase dari 4% menjadi 0% atau tidak ada lagi siswa yang memiliki nilai rendah. 2) Proses meningkatkan hasil belajar matematika dengan bimbingan kelompok melalui metode tutor teman sebaya yaitu diawali dengan peneliti bersama guru bimbingan konseling berkolaborasi dengan guru mata pelajaran menentukan bahan ajar dan rancangan tindakan, kemudian di lanjutkan dengan pemberian pre-test dan melakukan pemilihan dan pelatihan tutor. Setelah itu diberikan tindakan kemudian dilakukan post-test untuk mengetahui hasilnya. Pada siklus kedua dilakukan perbaikan berdasarkan refleksi kemudian dilakukan pengukuran hingga semua nilai siswa memenuhi target tindakan yaitu nilai melebihi KKM. Kata kunci : bimbingan kelompok, tutor teman sebaya, hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 20 Apr 2016 03:27
Last Modified: 30 Jan 2019 07:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31430

Actions (login required)

View Item View Item