Pengembangan Model Permainan Bolatangan Mini untuk Meningkatkan Karakter Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas

Sanni, Rizki Ardillah (2016) Pengembangan Model Permainan Bolatangan Mini untuk Meningkatkan Karakter Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rizki-ardilah-sanni-13711251018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model permainan bolatangan mini untuk meningkatkan karakter siswa sekolah dasar kelas atas yang layak, efektif, dan sesuai. Model permainan ini diharapkan mampu mengembangkan aspek afektif, kognitif, dan psikomotor, serta dapat dipergunakan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini dilakukan dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian pengembangan Borg & Gall (2003: 570-572), yang dimodifikasi menjadi 8 langkah pelaksanaan penelitian, langkah-langkah tersebut antara lain: (1) pengumpulan informasi lapangan, (2) analisis informasi yang telah dikumpulkan, (3) mengembangkan produk awal, (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, (6) uji coba lapangan skala besar dan revisi, (7) pembuatan produk final, dan (8) uji efektifitas produk. Ujicoba skala kecil dilakukan terhadap 27 siswa di SD N Ambarukmo. Ujicoba skala besar dilakukan terhadap 26 siswa di SD Negeri Caturtunggal 1 dan 24 siswa di SD Negeri Perumnas Condongcatur. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman pengamatan (observasi), wawancara, catatan lapangan, skala nilai, lembar penilaian uji efektifitas dan penilaian hasil belajar. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian berupa model permainan, yang berisikan 8 model permainan, yaitu: (1) balap kardus, (2) benteng rubuh, (3) tembak kaki, (4) rebut bola, (5) mengambil jeruk, (6) perang dribel, (7) permainan lingkaran, dan (8) target lingkaran. Model permainan disusun dalam bentuk buku pedoman dan video pembelajaran dengan dengan judul Pedoman Permainan Bolatangan Mini. Berdasarkan hasil penilaian para ahli materi dan praktisi, dapat ditarik kesimpulan bahwa model permainan bolatangan mini untuk meningkatkan karakter siswa sekolah dasar kelas atas yang didesain berkategori baik, sehingga model permainan telah layak, efektif, dan sesuai untuk digunakan

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model permainan,bolatangan mini, karakter, siswa sekolah dasar kelas atas
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Apr 2016 03:35
Last Modified: 18 Jan 2022 06:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31428

Actions (login required)

View Item View Item