PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF“ANIMALS PUPPET SHOW” UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEPEDULIAN TERHADAP MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR NEGERI MONGGANG, BANTUL

Pramuditya, Dessy (2016) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF“ANIMALS PUPPET SHOW” UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEPEDULIAN TERHADAP MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR NEGERI MONGGANG, BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Dessy Pramudity_11105244010.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran IPA di SD Negeri Monggang masih sebatas menggunakan media buku dan mendengarkan penjelasan dari guru. Alat permainan edukatif belum lengkap, media yang tersedia di SD Negeri Monggang hanya sebatas bukubuku pelajaran, beberapa CD Pembelajaran. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan tujuan menghasilkan alat permainan edukatif “Animals Puppet Show” yang layak dan dapat meningkatkan pemahaman kepedulian terhadap makhluk hidup. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah siswa kelas 3 SD Negeri Monggang. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif dan uji rerata. Hasil penelitian menunjukkan Alat Permainan Edukatif Animals Puppet Show telah layak dari segi media maupun materi. Kelayakan ini ditunjukkan dari hasil penilaian ahli materi yang memperoleh kategori “Sangat Baik”, dan penilaian dari ahli media juga memperoleh kategori “Sangat Baik” dan berdasarkan penilaian siswa melalui angket didapatkan hasil dengan persentase 98% kategori “Layak”. Alat Permainan Edukatif Animals Puppet Showd apat meningkatkan pemahaman kepedulian terhadap makhluk hidup ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata pre test yaitu 5,4 dan mengalami kenaikan menjadi 8,6.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 20 Apr 2016 09:02
Last Modified: 30 Jan 2019 07:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31422

Actions (login required)

View Item View Item