EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA RAGAM KRAMA PADA SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

Kartika Triwinetu, Candra (2012) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA RAGAM KRAMA PADA SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Candra Kartika Triwinetu_06205244038.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Efektivitas Penggunaan Media Simulasi dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa ragam Krama pada Siswa Kelas X Di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta Oleh Candra Kartika Triwinetu NIM 06205244038 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil mengajar keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama menggunakan media simulasi dan hasil pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama menggunakan media buku teks, dan (2) keefektifan media simulasi dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan metode eksperimen. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas (media pembelajaran) dan variabel terikat (keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama). Desain eksperimen dalam penelitian ini adalah The posttest-only control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta yang terdiri dari 4 kelas yaitu kelas akuntansi (AK), kelas Administrasi Perkantoran (AP), kelas Teknik Komputer Jaringan a (TKJ a), dan kelas Teknik Komputer Jaringan b (TKJ b) dengan jumlah 129 siswa. Sebagai sampel diambil dengan random sampling. Kelas TKJ a (30 siswa) sebagai kelas kontrol dan kelas TKJ b (30 siswa) sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara test performance. Uji validitas menggunakan validitas isi dengan dikonsultasikan kepada ahlinya (expert judgement). Uji reliabilitas menunjukan sebesar 0.656. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan hasil yang signifikan dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama menggunakan media simulasi pada siswa kelas X TKJ b di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta dengan pembelajaran menggunakan media buku teks pada siswa kelas X TKJ a di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Hal ini dapat dibuktikan oleh Uji-t, sebesar 2,498 sedangkan sebesar 2,000 dengan taraf signifikan a = 0,05 dengan df 58 ( : 2,498> 2,000). (2) Penggunaan media simulasi lebih efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama daripada pembelajaran menggunakan media buku teks. Hal ini dapat dibuktikan oleh Uji Scheff nilai p (0,015) <0,05. Implikasi dari penelitian ini adalah media simulasi dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Simulasi, Keterampilan Berbicara, ragam Krama
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 20 Apr 2016 02:55
Last Modified: 24 Sep 2020 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31421

Actions (login required)

View Item View Item