UPAYA MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLAVOLI KELAS XI AP 1 SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES MELALUI PENDEKATAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU)

Apri Dewi Utami (2016) UPAYA MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLAVOLI KELAS XI AP 1 SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES MELALUI PENDEKATAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU). S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
pdf SKRIPSI FIKS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan metode mengajar permainan bolavoli yang tidak tepat sehingga menyebabkan siswa tidak aktif dan kurang tertarik dengan pembelajaran bolavoli . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran passing bawah bolavoli melalui pendekatan Teaching Games for Understanding (TGfU) pada kelas XI AP I SMK Muhammadiyah I Wates. Subjek penelitian pada ini adalah siswa kelas XI AP I SMK Muhammadiyah I Wates berjumlah 22 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipasi. Penelitian ini menggunakan instrumen yaitu, lembar observasi untuk guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan analisis data secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Teaching Games for Understanding (TGfU) dapat meningkatkan proses pembelajaran passing bawah kelas XI AP I SMK Muhammadiyah I Wates. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa (1) Dengan menggunakan pendekatan Teaching Games for Understanding (TGfU) siswa menjadi lebih aktif, senang dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran bolavoli, (2) Hasil belajar yang dicapai siswa meningkat dengan nilai rata-rata kelas 76,5 % (Sangat Baik) dan hasil observasi keaktifan siswa dengan skor total 9 (Baik).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: TGfU, passing bawah, dan pendekatan.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 Apr 2016 09:02
Last Modified: 11 Mar 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31417

Actions (login required)

View Item View Item