Pengembangan Instrumen Lembar Observasi Pengukuran Ketercapaian KKNI Level 6 Pada Pengajaran Mikro Pendidikan Biologi Strata 1 Universitas Negeri Yogyakarta

Sariyatno, Bintang (2016) Pengembangan Instrumen Lembar Observasi Pengukuran Ketercapaian KKNI Level 6 Pada Pengajaran Mikro Pendidikan Biologi Strata 1 Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-bintang-sariyatno-13708251027.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) validitas isi, (b) reliabilitas instrumen lembar observasi pengukuran pengajaran mikro yang digunakan untuk mengukur ketercapaian ketercapaian KKNI level 6 pada program studi pendidikan biologi. Penelitian ini adalah research and development (R&D), pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model Brog & Gall yang telah dilakukan modifikasi menjadi 9 tahap. Tahapan penelitian ini terdiri sembilan tahap, yaitu (1). Penelitian dan pengumpulan informasi; (2). Perencanaan; (3). Penyusunan dan perancangan kisi-kisi instrumen; (4). Validasi isi; (5). Revisi produk I; (6).Uji coba produk secara empiris; (7). Revisi produk II; (8). Produk final: (9). Diseminasi produk. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah mahasiswa pengajaran mikro Jurusan Pendidikan Biologi yang diambil secara acak pada 4 kelas, jumlah subjek penelitian yang diamati berjumlah 13 mahasiswa dengan melibatkan 8 orang dosen pengampu sebagai observer. Hasil penelitian pada menunjukkan bahwa validitas isi pada penelitian ini telah memiliki kesesuaian konteks aitem dengan tujuan pengukuran instrumen dan aitem-aitem instrumen lembar observasi telah merepresentasikan ciri-ciri atribut yang diukur. Instrumen pengukuran pengajaran mikro ini terdiri atas 4 deskriptor spesifik KKNI level 6; 11 learning outcome, 27 indikator utama, dan 74 item. Reliabilitas instrumen dari instrumen lembar observasi pengajaran mikro untuk masing-masing deskriptor spesifik KKNI level 6, antara lain: deskriptor spesifik pertama memiliki koefisien reliabilitas 0,986 yang termasuk reliabilitas tinggi, deskriptor spesifik ke dua memiliki koefisien reliabilitas 0,984 yang termasuk relibilitas tinggi, deskriptor spesifik ke tiga memiliki koefisien reliabilitas 0, 841 yang termasuk reliabilitas tinggi, dan deskriptor spesifik ke empat memiliki koefisien reliabilitas 0,964 yang termasuk reliabilitas tinggi

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: deskriptor spesifik kkni level 6, pengajaran mikro, validitas isi, reliabilitas instrumen
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Apr 2016 02:06
Last Modified: 09 May 2019 07:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31413

Actions (login required)

View Item View Item