PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA MATERI AKUN-AKUN PERUSAHAAN DAGANG UNTUK SISWA SMA KELAS XII SMA NEGERI 1 SEDAYU

RIZKA ANGGRAENI, FIDYA (2016) PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA MATERI AKUN-AKUN PERUSAHAAN DAGANG UNTUK SISWA SMA KELAS XII SMA NEGERI 1 SEDAYU. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (75MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan komik Akuntansi sebagai media pembelajaran pada materi akun-akun perusahaan dagang untuk siswa SMA kelas XII. 2) Mengetahui kelayakan komik Akuntansi pada materi akun-akun perusahaan dagang sebagai media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan ahli materi, ahli media, dan uji coba pada siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dalam pembelajaran Akuntansi SMA. Tahapan penelitian dan pengembangan komik Akuntansi ini terdiri dari empat tahap yaitu: 1) Define atau tahap pendefinisian 2) Design atau tahap perancangan 3) Develop atau tahap pengembangan 4) Disseminate atau tahap penyebaran. Validasi komik Akuntansi dilakukan oleh dosen ahli media, dan dosen serta guru akuntansi sebagai ahli materi. Media yang dikembangkan diujicobakan pada 32 siswa SMA kelas XII IPS 3. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket. Data yang didapat dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah: 1) Pengembangan media pembelajaran Akuntansi berbentuk komik pada materi akun-akun pada perusahaan dagang sebagai media pembelajaran dapat digunakan sebagai media pembelajaran, melalui tahap define (pengembangan), design (perancangan), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran) 2) Komik Akuntansi sebagai media pembelajaran diperoleh penilaian kelayakan oleh ahli materi dengan rata-rata skor 4,55 dari rentan skor 1-5 termasuk dalam kategori sangat layak dijadikan sebagai media pembelajaran, penilaian kelayakan oleh ahli media dengan rata-rata skor 4,4 dari rentan skor 1-5 termasuk dalam kategori sangat layak dijadikan sebagai media pembelajaran. Penilaian siswa terhadap penilaian media pembelajaran Akuntansi yang telah dikembangkan pada saat uji coba lapangan diperoleh rata-rata skor 4,32 dari rentan skor 1-5 termasuk dalam kategori sangat layak dijadikan media pembelajaran. Dengan demikian, komik Akuntansi yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penelitian dan pengembangan, media pembelajaran, komik Akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 20 Apr 2016 01:42
Last Modified: 20 Apr 2016 01:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31405

Actions (login required)

View Item View Item