Peningkatan Kreativitas Membuat Produk Pengawetan Melalui Model Pembelajaran Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa SMP Kristen Bentara Wacana Muntilan

Omega, Padmanatali (2016) Peningkatan Kreativitas Membuat Produk Pengawetan Melalui Model Pembelajaran Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa SMP Kristen Bentara Wacana Muntilan. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
OMEGA PADMANATALI - 05511241003.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peningkatan Kreativitas Membuat Produk Pengawetan Melalui Model Pembelajaran Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa SMP Kristen Bentara Wacana Muntilan Disusun Oleh Omega Padmanatali 05511241003 ABSTRAK Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) yang dapat meningkatkan kreativitas membuat produk pengawetan pada siswa SMP Kristen Bentara Wacana, (2) mengetahui peningkatan kreativitas membuat produk pengawetan pada siswa SMP Kristen Bentara Wacana setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Tempat penelitian di SMP Kristen Bentara Wacana Muntilan. Waktu penelitian Juni 2011 sampai Juni 2012. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Kristen Bentara Wacana Muntilan berjumlah 15 siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Adapun tahap-tahap dalam masing-masing siklus adalah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan melalui kolaborasi 2 guru ekstrakurikuler Tata Boga dimana 1 guru pendamping sebagai observer dan peneliti sebagai pelaksana pembelajaran. Metode pengumpulan data melalui observasi, dan dokumentasi. Hasil validasi telah siap diujikan dengan berbagai saran dari validator. Analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan menganalisis rata-rata kelas prestasi belajar siswa pada siklus I dan siklus II kemudian dianalisis secara diskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD terdiri dari 5 tahapan, yaitu; (a) penyajian materi yang dilakukan oleh guru, (b) pembagian kelompok menjadi 3 kelompok masingmasing kelompok terdiri dari 5 siswa, (c) penilaian dilakukan oleh guru dengan menggunakan pedoman penilaian, (d) perhitungan skor dilakukan untuk menghitung penghargaan masing-masing kelompok dan (e) pemberian penghargaan diberikan kepada kelompok jika skor kelompok memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan. Pada siklus I pemberian penghargaan secara lisan, pada siklus II pemberian penghargaan berupa sertifikat, (2) melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menunjukkan bahwa kreativitas membuat produk pengawetan siswa mengalami peningkatan. Peningkatan kreativitas tersebut ditunjukan dengan peningkatan nilai rerata kelas yaitu sebelum dikenai tindakan (kondisi awal) nilainya 70 (kategori pemula), setelah dikenai tindakan siklus I nilainya 73,33 (kategori madya), serta pada siklus II nilainya 81,67 (kategori mahir).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 20 Apr 2016 01:30
Last Modified: 30 Jan 2019 07:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31399

Actions (login required)

View Item View Item