ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KETIMPANGAN PENDAPATAN DAN KETERBUKAAN PERDAGANGAN PASCA KRISIS EKONOMI: KERANGKA BERPIKIR KURVA KUZNETS KETERBUKAAN

Febriani, Hesty (2016) ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KETIMPANGAN PENDAPATAN DAN KETERBUKAAN PERDAGANGAN PASCA KRISIS EKONOMI: KERANGKA BERPIKIR KURVA KUZNETS KETERBUKAAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Hesty Febriani_11404241008.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keterbukaan perdagangan dianggap sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi ketimpangan meskipun hasilnya masih menjadi perdebatan. Pelaksanaan kebijakan liberalisasi perdagangan di Indonesia beberapa tahun terakhir menimbulkan pertanyaan terkait dengan dampak yang ditimbulkan terhadap ketimpangan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara ketimpangan pendapatan dan keterbukaan perdagangan dalam kerangka berpikir Kurva Kuznets di Indonesia sebelum dan sesudah krisis ekonomi 1997/1998. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode estimasi Error Correction Mechanism (ECM) Engle-Granger digunakan untuk memperlihatkan hubungan jangka panjang maupun jangka pendek antara keterbukaan perdagangan dan ketimpangan pendapatan. Penambahan dummy variabel dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan parameter baik sebelum krisis maupun sesudah krisis. Data yang digunakan adalah data times series periode 1983-2013. Periode sebelum krisis terhitung sejak tahun 1983-1997, sedangkan periode setelah krisis terhitung sejak 1998-2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum krisis ekonomi baik jangka pendek maupun panjang, terdapat hubungan berbentuk kurva U-terbalik antara ketimpangan pendapatan dan keterbukaan perdagangan. Sedangkan setelah krisis ekonomi hubungan antara ketimpangan pendapatan dan keterbukaan perdagangan berbentuk kurva U. Ditemukan pula perbedaan pengaruh keterbukaan perda-gangan terhadap ketimpangan pendapatan pada saat sebelum dan sesudah krisis ekonomi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Ilmu Sosial > Ekonomi > Inflasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 20 Apr 2016 09:02
Last Modified: 30 Jan 2019 07:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31396

Actions (login required)

View Item View Item