IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK MUHAMMADYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

WAGIARTI, WAGIARTI (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK MUHAMMADYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
wagiarti_12803241020_skripsi.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi Dasar Menyusun Neraca Lajur dan Laporan Keuangan siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 dengan menggunakan Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif dan Partisipasif antara penulis dengan guru mata pelajaran akuntansi selama 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi, tes, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskripstif kuantitatif dengan persentase. Analisis ini dilakukan dengan cara mengolah skor hasil observasi Aktivitas dan Prestasi Belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi Dasar Menyusun Neraca Lajur dan Laporan Keuangan Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta TahunAjaran 2015/2016 yang dibuktikan dengan peningkatan skor Aktivitas dan Prestasi Belajar. Hasil penskoran data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan Aktivitas 14,28% dari skor siklus I yaitu 70,81% dan meningkat pada siklus II yaitu 85,09%. Peningkatan Aktivitas Belajar per indikator juga terjadi, pada siklus I jumlah indikator yang sama atau lebih dari 75% adalah sebanyak 4 indikator sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 7 indikator. Prestasi Belajar Akuntansi meningkat dihitung dari rata-rata nilai pre test sebesar 50,11 meningkat menjadi 71,63 dari nilai post tes siklus I atau terjadi peningkatan sebesar 21,52. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 21,85 diperoleh dari nilai rata-rata Pre test siklus II sebesar 56,63 meningkat menjadi 78,48. Ketuntasan belajar meningkat sebesar 30,44%, yang dihitung dari ketuntasan belajar pada post test siklus I sebesar 56,52% meningkat pada siklus II 86,96%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 20 Apr 2016 00:45
Last Modified: 30 Jan 2019 07:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31392

Actions (login required)

View Item View Item