Pengaruh Penggunaan Instructional Materials terhadap Hasil Belajar Perbaikan Kelistrikan Kendaraan Ringan Ditinjau dari Ekspektasi Kerja Siswa Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Gombong

Hidayat, Hanif (2016) Pengaruh Penggunaan Instructional Materials terhadap Hasil Belajar Perbaikan Kelistrikan Kendaraan Ringan Ditinjau dari Ekspektasi Kerja Siswa Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Gombong. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hanif-hidayat-14702251033.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan instructional materials dengan siswa yang diajar menggunakan training manual; (2) perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki ekspektasi kerja tinggi yang menggunakan instructional materials dengan yang menggunakan training manual; (3) perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki ekspektasi kerja rendah yang menggunakan training manual dengan yang menggunakan instructional materials; dan (4) interaksi antara bahan ajar dan ekspektasi kerja terhadap hasil belajar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi-experiment faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII TKR di SMK Negeri 1 Gombong. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas XII TKR C sebagai kelompok kontrol dan XII TKR D sebagai kelompok eksperimen. Hasil belajar diukur menggunakan tes, sedangkan ekspektasi kerja diukur menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Anova dua jalur dengan bantuan program statistik SPSS 22. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan instructional materials dengan siswa yang diajar menggunakan training manual. (2) Hasil belajar siswa yang memiliki ekspektasi kerja tinggi dengan menggunakan instructional materials lebih tinggi dari yang menggunakan training manual. (3) Hasil belajar siswa yang memiliki ekspektasi kerja rendah dengan menggunakan training manual lebih tinggi dari yang menggunakan instructional materials. (4) Terdapat interaksi yang signifikan antara bahan ajar dan ekspektasi kerja terhadap hasil belajar

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: instructional materials, hasil belajar PKKR, ekspektasi kerja, TKR
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Apr 2016 07:02
Last Modified: 09 May 2019 07:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31377

Actions (login required)

View Item View Item