LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 JETIS KERTAN SUMBER AGUNG JETIS BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016

Enggar Rustyafuri, Enggar Rustyafuri (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 JETIS KERTAN SUMBER AGUNG JETIS BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_BAB I-III.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

Program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan dalam menyelesaikan gelar sarjana pendidikannya selain tugas akhir skripsi. Tujuan dari program ini untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata, melatih dan mengembangkan kompetensi kependidikan untuk bekal mahasiswa sebagai sumber daya pengajar yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan kelak ketika bergelut di dunia pendidikan yang sebenarnya. SMA Negeri 1 Jetis, yang beralamat di Kertan, Sumberagung, Jetis Bantul merupakan salah satu sekolah yang dijadikan lokasi PPL UNY tahun 2015. Mahasiswa diharapkan dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga, dan ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program sekolah. Tim PPL UNY dapat berperan sebagai inovator, motivator, mediator sekaligus problem solver bagi SMA Negeri 1 Jetis. Program PPL di SMA Negeri 1 Jetis yang dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar minimal sebanyak 4 kali, dalam praktiknya penyusun telah mengajar sebanyak 18 pertemuan dengan alokasi masing-masing 45 menit dalam satu jam pelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing khususnya bidang sosiologi. SMA Negeri 1 Jetis juga memberikan pengalaman pada kami terkait dengan penerapan kurikulum 2013. Sehingga guru dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi tanpa mengurangi keaktifan dan partisipasi siswa. Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa, tetapi juga transform of value. Keberadaan mahasiswa PPL UNY diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan pendidikan Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Sosiologi, SMA 1 Jetis
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Apr 2016 04:22
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31359

Actions (login required)

View Item View Item