LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 5 BANGUNTAPAN SANGGRAHAN, POTORONO, BANGUNTAPAN, BANTUL

Slamet Efendi, Slamet Efendi (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 5 BANGUNTAPAN SANGGRAHAN, POTORONO, BANGUNTAPAN, BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAP PPL _SLAMET EFENDI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah yang memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dalam mempraktekkan teoriteori yang telah mereka pelajari dalam perkuliahan. Dengan adanya kegiatan PPL mahasiswa dapat mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan, dan kemudian menerapkan setiap disiplin ilmu yang telah mereka pelajari sebelumnya. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa di dalam dan di luar kelas. Dengan adanya kegiatan PPL mahasiswa juga mendapatkan wawasan dan pengalaman yang lebih sebagai bekal di masa depan ketika mereka akan terjun di dunia pendidikan. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman yang lebih tentang kegiatan operasional di sekolah sehingga mereka dapat mengabdikan diri bagi sekolah. Mereka juga dapat memiliki bekal keterampilan yang lebih di dalam dunia pendidikan sehingga mereka siap saat akan terjun dalam dunia pendidikan yang sebenarnya nantinya. SMP Negeri 5 Banguntapan beralamat di Desa Potorono, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. SMP Negeri 5 Banguntapan terpilih sebagai salah satu tempat dilakasanakannya PPL bagi mahasiswa UNY tahun 2015 dengan kode lokasi B026. Pelakasanaan PPL di lokasi kurang lebih selama 1 bulan yaitu mulai tanggal 10 Agustus - 12 September 2015 mulai tahun ajaran baru 2015/2016. Adapun program yang dilaksanakan selama PPL yaitu program mengajar dan non mengajar. Dalam satu minggu, praktikan materi terhadap 2 kelas sebanyak 4 jam pelajaran. Hasil yang diperoleh dari keseluruhan rangkaian program PPL bahwa PPL merupakan program bagi mahasiswa untuk berlatih mempersiapkan diri sebagai pendidik. Kelak ketika mahasiswa terjun dalam dunia pendidikan maka mahasiswa telah mempunyai bekal yang cukup untuk menjadi guru yang professional dan dapat mengoptimalkan kompetensi dalam memanfaatkan ilmu yang diperoleh demi kemajuan pendidikan di Indonesia

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, UNY, program, hasil, SMP N 5 Banguntapan, Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Apr 2016 04:21
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31358

Actions (login required)

View Item View Item