LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN/MAGANG III DI SMP NEGERI 5 BANGUNTAPAN SANGGRAHAN POTORONO BANGUNTAPAN BANTUL

Tina Lestari, Tina Lestari (2015) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN/MAGANG III DI SMP NEGERI 5 BANGUNTAPAN SANGGRAHAN POTORONO BANGUNTAPAN BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAP PPL_TINA LESTARI.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bentuk penerapan ilmu kependidikan yang telah diterima selama perkuliahan kedalam praktik mengajar di sekolah. Tujuan PPL adalah sebagai salah satu sarana bagi mahasiswa untuk belajar dan melatih diri dalam mempersiapkan keterampilan sebagai seorang pendidik. Dengan adanya program PPL diharapkan mahasiswa tidak hanya memiliki kemampuan di bidan akademik, melainkan juga memiliki kemampuan dalam melaksanakan serta mengamalkan ilmu yang telah diperoleh untuk diabdikan kepada masyarakat sekolah. Selain itu PPL merupakan sarana untuk meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dengan pemerintah daerah, sekolah atau lembaga pendidikan terkait. SMP Negeri 5 Banguntapan beralamat di desa Potorono, Banguntapan, Bantul. Seperti halnya sekolah pada umumnya, SMP Negeri 5 Banguntapan melaksanakan kegiatan belajar mengajar sebagaimana mestinya. SMP Negeri 5 Banguntapan terpilih sebagai salah satu tempat dilakasanakannya PPL bagi mahasiswa UNY tahun 2015 dengan kode lokasi B026. Pelakasanaan PPL di lokasi kurang lebih selama 1 bulan yaitu mulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015 mulai tahun ajaran baru 2015/2016. Adapun program yang dilaksanakan selama PPL yaitu program mengajar dan non mengajar. Kegiatan praktik mengajar yang dilakukan penyusun yaitu dilaksanakan di kelas VII D sebanyak 9 kali tatap muka. Hasil yang diperoleh dari keseluruhan rangkaian program ini yaitu mahasiswa dapat berlatih mempersiapkan diri sebagai pendidik. Kelak ketika mahasiswa terjun dalam dunia pendidikan maka mahasiswa telah mempunyai bekal yang cukup untuk menjadi guru yang professional dan dapat mengoptimalkan kompetensi dalam memanfaatkan ilmu yang diperoleh demi kemajuan pendidikan di Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP N 5 Banguntapan, Pembelajaran, Pelaksanaan, Hasil
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Apr 2016 04:11
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31354

Actions (login required)

View Item View Item