LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 JETIS KERTAN SUMBERAGUNG JETIS BANTUL

Vika Asriningtyas, Vika Asriningtyas (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 JETIS KERTAN SUMBERAGUNG JETIS BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1.Cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Bab 1-3.pdf

Download (283kB) | Preview

Abstract

Program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan dalam menyelesaikan gelar sarjana pendidikannya selain tugas akhir skripsi. Tujuan dari program ini untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata, melatih dan mengembangkan kompetensi kependidikan untuk bekal mahasiswa sebagai sumber daya pengajar yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan kelak ketika bergelut di dunia pendidikan yang sebenarnya. SMA Negeri 1 Jetis, yang beralamat di Kertan, Sumberagung, Jetis - Bantul merupakan salah satu sekolah yang dijadikan lokasi PPL UNY tahun 2015. Di sekolah ini mahasiswa diharapkan dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga, dan ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program sekolah. Tim PPL UNY dapat berperan sebagai inovator, motivator, mediator sekaligus problem solver bagi SMA Negeri 1 Jetis. Program PPL di SMA Negeri 1 Jetis yang dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar maksimal sebanyak 6 kali, dalam praktiknya penyusun telah mengajar sebanyak 8 pertemuan dengan alokasi masing-masing 45 menit dalam satu jam pelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing khususnya bidang Fisika. Disini kami juga diberikan pengalaman untuk menggunakan kurikulum baru, yaitu kurikulum 2013.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, kegiatan pembelajaran dan hasil PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Apr 2016 03:08
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31331

Actions (login required)

View Item View Item