LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PPL (PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN) PERIODE 10 AGUSTUS 2015 – 12 SEPTEMBER 2015 LOKASI SMA NEGERI 1 JETIS KERTAN, SUMBERAGUNG, JETIS, BANTUL

Retno Wulandari, Retno Wulandari (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PPL (PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN) PERIODE 10 AGUSTUS 2015 – 12 SEPTEMBER 2015 LOKASI SMA NEGERI 1 JETIS KERTAN, SUMBERAGUNG, JETIS, BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER LAPORAN.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-III.pdf

Download (397kB) | Preview

Abstract

Mata Kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan dalam menyelesaikan gelar sarjana pendidikannya selain tugas akhir skripsi. Mata kuliah PPL ini memiliki bobot 3 SKS, sehingga dalam pelaksanaannya mahasiswa harus memenuhi minimal 218 jam di lapangan. Syarat pelaksanaan program PPL adalah harus lulus mata kuliah micro teaching. Untuk itulah mahasiswa yang tidak lulus mata kuliah ini tidak dapat mengikuti PPL dan harus mengulang di tahun depan. Tujuan dari program ini untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata, melatih dan mengembangkan kompetensi kependidikan untuk bekal mahasiswa sebagai sumber daya pengajar yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan kelak ketika bergelut di dunia pendidikan yang sebenarnya. Dalam pelaksanaan praktik mengajar, terdapat beberapa hal yang mahasiswa praktikan persiapkan. Administrasi guru, silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan soal evaluasi merupakan hal-hal yang dipersiapkan dalam sebelum melaksanakan pembelajaran. Mahasiswa praktikan tidak hanya melakukan proses mengajar, namun juga mengetahui berbagai macam hal mengenai pengelolaan pembelajaran di sekolah beserta administrasinya. Di sekolah SMA Negeri 1 Jetis yang merupakan salah satu sekolah yang dijadikan sebagai lokasi PPL mahasiswa diharapkan dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga, dan ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program sekolah. Tim PPL UNY dapat berperan sebagai inovator, motivator, mediator sekaligus problem solver bagi SMA Negeri 1 Jetis. Program PPL di SMA Negeri 1 Jetis yang dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar minimal sebanyak 6 kali di kelas X MIPA 4, X IPS 2, XI MIPA 3, dan XI IPS 1, dalam praktiknya penyusun telah mengajar sebanyak 13 pertemuan dengan alokasi masing-masing 45 menit dalam satu jam pelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa, tetapi juga transform of value. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing khususnya bidang bahasa Jawa. Disini kami juga diberikan pengalaman untuk menggunakan kurikulum baru, yaitu kurikulum 2013. Keberadaan mahasiswa PPL UNY diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan pendidikan Indonesia khususnya di sekolah tempat PPL yaitu SMA Negeri 1 Jetis.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, kegiatan pembelajaran dan hasil PPL.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Apr 2016 02:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31325

Actions (login required)

View Item View Item