LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 JETIS, BANTUL

Meilinda Puspita Sari, Meilinda Puspita Sari LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 JETIS, BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL MEILINDA.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I II III MEILINDA.pdf

Download (344kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini bertujuan untuk melatih mahasiswa menerapkan ilmu dan kemampuan yang dimiliki selama di bangku perkuliahan dengan menerapkannya langsung di lapangan sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing. Selama pelaksanaan PPL mahasiswa diharapkan memiliki pengalaman menjadi seorang pendidik yang profesional dalam nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai bekal dirinya dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Selama kegiatan PPL berlangsung, mahasiswa praktikan melaksanakan seluruh program kerja PPL yang telah disusun sebelumnya. Dalam pelaksanaannya mahasiswa selalu melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing lapangan dan dengan guru koordinator PPL yang ada disekolah. Pelaksanaan program kerja PPL harus dilaksanakan seefektif mungkin agar seluruh program kerja dapat terselesaikan seluruhnya. Praktik pengalaman lapangan dilaksanakan setelah melakukan observasi dan mendapat surat tugas dari guru koordinator PPL di sekolah. Mahasiswa praktikan melaksanakan tugas PPL dengan mengajar ke kelas-kelas yang sudah ditentukan oleh guru pembimbing mata pelajaran yang bersangkutan. Selain melakukan kegiatan praktik mengajar, mahasiswa praktikan juga melaksanakan kegiatan yang ada di sekolah, seperti upacara bendera setiap hari Senin, tugas piket dan membantu para staf karyawan dalam melaksanakan tugasnya. Dalam kegiatan PPL, kegiatan mahasiswa praktikan yang dilakukan meliputi persiapan berupa penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan prota, prosem serta jam efektif. Di dalam pelaksanaannya mahasiswa praktikan sering berkonsultasi dengan guru pembimbing di sekolah dan dosen pembimbing dari jurusan mengenai penyusunan RPP, soal ulangan, soal remidial, soal pengayaan serta membuat analisis butir soal. Dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan ini, penulis melaksanakan pembelajaran di kelas X IPS 3, X MIPA 5, XI MIPA 2 dan XI IPS2. Praktik mengajar dilaksanakan minimal 4-6 kali dengan mengajar terbimbing. Selama melaksanakan kegiatan PPL mahasisiwa tidak memiliki hambatan yang berarti, mahasiswa juga dapat menjalin hubungan yang baik dengan guru pembimbing beserta warga sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Apr 2016 02:53
Last Modified: 01 Oct 2019 12:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31324

Actions (login required)

View Item View Item