PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK SULAMAN BEBAS PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA UNTUK SISWA KELAS IX SMPN 1 SEWON

Ramadhani, Rahma (2016) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK SULAMAN BEBAS PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA UNTUK SISWA KELAS IX SMPN 1 SEWON. S1 thesis, Pendidikan Seni Kerajinan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL RAHMA RAMADHANI 12207241006.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk modul elektronik sulaman bebas kelas IX SMPN 1 Sewon, dan 2) mengetahui respon peserta didik dan guru terhadap modul elektronik sulaman bebas tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development yang mengacu pada prosedur pengembangan Sugiono. Penelitian ini meliputi 8 tahap, yaitu: 1) observasi dan menemukan potensi masalah, 2) pengumpulan data, 3) pengembangan produk awal, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi, dan 8) uji coba pemakaian. Uji coba dilaksanakan setelah validasi oleh ahli media dan ahli materi, serta mempertimbangkan masukan dari peserta didik, dosen pembimbing dan guru mata pelajaran prakarya kelas IX SMPN 1 Sewon. Uji coba dilaksanakan di SMPN 1 Sewon dengan melibatkan 35 peserta didik kelas IX. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan cara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukan bahwa: 1) menghasilkan modul elektronik sulaman bebas yang menggunakan Software Adobe Flash CS6, dengan hasil penilaian ahli materi sebesar 76 dan masuk kriteria baik, dari jumlah minimal 23 dan jumlah maksimal 96, ahli media sebesar 81 masuk kriteria sangat baik dari jumlah minimal 22 dan jumlah maksimal 88, penilaian respon guru sebesar 89 masuk kriteria sangat baik dengan jumlah minimal 25 dan jumlah maksimal 89, serta penilaian uji coba pemakaian 74,76 masuk kriteria sangat baik, dari jumlah minimal 22 dan maksimal 88. 2) respon peserta didik terhadap penggunaan modul elektronik ini sangat baik, menurut mereka modul ini mudah digunakan, dan menjadikan pelajaran prakarya menjadi menyenangkan, serta membuat mereka lebih mudah memahami materi sulaman bebas. 3) respon guru terhadap modul elektronik ini sangat baik, karena modul ini membantu guru dalam proses pembelajaran, mudah digunakan, dan mengefisienkan waktu pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 19 Apr 2016 02:22
Last Modified: 30 Jan 2019 07:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31317

Actions (login required)

View Item View Item