AUTONOMI MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN PENERJEMAHAN INDONESIA-JERMAN/ŰBERSETZUNG INDONESISCH-DEUTSCH DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN FBS UNY

Sufriati Tanjung, Sufriati Tanjung (2015) AUTONOMI MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN PENERJEMAHAN INDONESIA-JERMAN/ŰBERSETZUNG INDONESISCH-DEUTSCH DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN FBS UNY. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PENELITIAN KARAKTER 2015.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah selain membentuk ketrampilan mahasiswa dalam menerjemahkan dokumen resmi dalam bahasa Indonesia, seperti KTP, Akte lahir, dan lain-lain ke dalam bahasa Jerman, mereka dilatih otonomi, kemandirian mereka sebagai penerjemah, yang mencangkup karakter bertanggung jawab, jujur, dan disiplin. Penelitian tindakan ini dilaksanakan di dua kelas Übersetzung Indonesisch-Deutsch, kelas hari Senin yang berjumlah 11 mahasiswa dan hari Selasa berjumlah 15 mahasiswa. Model yang digunakan adalah yang dari Kemmis & Taggart, yang dilaksanakan dari tanggal 21 September 2015 sampai dengan 10 November 2015. Pengumpulan data dilakukan dengan penerjemahan dokumen resmi dalam bahasa Indonesia, seperti KTP, KK, Akta Lahir/Nikah, Surat Keterangan, Ijazah berbagai tingkat pendidikan, CV oleh mahasiswa di rumah, masing-masing satu dokumen dan di presentasikan di kelas yang kemudian diikuti dengan tanya – jawab, koreksi dari mahasiswa lain dan dosen pengampu mata kuliah, yang dalam hal ini adalah peneliti. Pelaksanaan di perkuliahan direkam masing-masing 2 kali, yaitu pada tanggal 5,6 Oktober 2015 dan 9,10 November 2015. Kuesioner yang berupa saran dari mahasiswa untuk mencapai autonomi dalam perkuliahan tersebut, dan observasi 6 kali perkuliahan (1 kali midtes) yang di deskripsikan dalam vignette di lampiran. Temuan yang diperoleh penelitian tindakan ini adalah terjadi peningkatan kemampuan menerjemahkan dokumen resmi bahasa Indonesia ke dalam bahasa Jerman. Kondisi tersebut terlihat dari perbedaan skor rerata tugas pertama mereka dengan skor rerata midtes mereka, yang secara keseluruhan meningkat. Rerata nilai presentasi kelas senin = 62, rerata midtes = 77. Kelas selasa memiliki rerata presentasi 70 dan rerata midtes = 78. Selain itu, berdasarkan kuisioner yang mereka isi mereka sudah menunjukkan sikap benar, yaitu untuk mencapai autonomi mahasiswa harus mandiri, jujur, disiplin, teliti, rajin, sering berlatih. Hanya saja, kedisiplinan belum optimal, masing-masing kelas hanya 1 mahasiswa yang menyerahkan perbaikan terjemahan pada hari yang sama. Lainnya 1 minggu setelah itu.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Apr 2016 02:03
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31303

Actions (login required)

View Item View Item