IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI UPAYA PEMBIASAAN TAAT BERIBADAH, DISIPLIN DAN PEDULI DALAM BERKEHIDUPAN DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO

Rustam Asnawi, MT., Ph.D, Rustam Asnawi, MT., Ph.D and Yuwono Indro Hatmojo, M.Eng, Yuwono Indro Hatmojo, M.Eng and Mutaqin, M.Pd., M.T., Mutaqin, M.Pd., M.T. (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI UPAYA PEMBIASAAN TAAT BERIBADAH, DISIPLIN DAN PEDULI DALAM BERKEHIDUPAN DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
LAPORAN Impl PK di JPTE.doc

Download (167kB)

Abstract

Berbagai upaya secara progresif yang dilakukan UNY dalam pengembangan pendidikan karakter telah di mulai Tahun 2009-an. UNY telah melakukan gerakan menginisiasi pengimplementasian pendidikan karakter melalui pengintegrasian pendidikan karakter dalam perkuliahan dan pengembangan kultur universitas dalam kegiatan-kegiatan di luar perkuliahan. Inisiasi ini dilakukan dalam bentuk penawaran berbagai kegiatan tindakan yang mengakomodasi pendidikan karakter. Salah satu kegiatan yang sedang dilakukan adalah membuat percontohan yang dipandang sebagai the best practices tentang Pendidikan Karakter di UNY yang bersifat komprehensif. Sejalan dengan hal tersebut, visi UNY yang bertekad untuk menghasilkan lulusan yang bertaqwa (bernurani), cendekia, dan mandiri telah menunjukkan kesadaran pentingnya akan pendidikan karakter. Pendidikan karakter penting untuk dikembangkan dan terus dikawal oleh karena pendidikan karakter sebagai pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak, yang tujuannya mengembangkan kemampuan peserta didik untuk menilai baik-buruk, memelihara apa yang baik itu, dan mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan sehari-hari (Diknas, 2010). Dalam realita kehidupan di UNY implementasi pendidikan karakter secara umum masih menjadi suatu perhatian yang serius. Apakah visi UNY tersebut dalam tataran operasional telah dijabarkan dalam berbagai aktifitas kegiatan di setiap jurusan atau lembaga telah diimplementasi pada aktifitas berkehidupan di kampus, baik di kalangan pejabat UNY, dosen dan staf serta mahasiswa ? Apakah pendidikan karakter yang telah dicanangkan oleh UNY sudah diterapkan, diimplementasikan atau dan terintegrasi dalam kegiatan perkuliahan, kegiatan akademis dan non akademis lainnya. Jika melihat ke belakang, sebenarnya UNY telah melakukan berbagai aktivitas untuk mendukung terealisasinya pendidikan karakter yang meliputi berbagai program terutama terkait dengan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian (Marzuki, dkk, 2012). Berbagai program tersebut dilakukan melalui kegiatan seminar, penelitian, pelatihan, workshop, pengembangan soft skill, dan sebagainya. Lingkup penyelenggaraan program pengembangan pendidikan karakter berdasarkan pengamatan masih terbatas pada kegiatan yang bersifat kelembagaan formal. Pengembangan pendidikan karakter belum menjadikan suatu perilaku yang tumbuh karena kesadaran diri dan belum menjadikan suatu kebiasaan (habit) dalam berkehidupan keseharian di lingkungan kampus dengan baik. Implementasi pendidikan karakter belum menjadi sebuah kultur dalam berinteraksi berkehidupan di kampus.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Apr 2016 02:00
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31300

Actions (login required)

View Item View Item