PENGARUH PERMAINAN TARGET TERHADAP PENINGKATAN KETEPATAN PUKULAN SERVIS PENDEK PESERTA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS DI SMP NEGERI 1 WATES, KULONPROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Nungki Fortuna Dewi (2016) PENGARUH PERMAINAN TARGET TERHADAP PENINGKATAN KETEPATAN PUKULAN SERVIS PENDEK PESERTA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS DI SMP NEGERI 1 WATES, KULONPROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan pukulan servis pendek peserta ekstrakurikuler bulutangkis di SMP Negeri 1 Wates, Kulonprogo, DIY kurang akurat dikarenakan belum ada variasi latihan yang menarik minat siswa sehingga siswa merasa bosan dan tidak tertarik saat latihan. Perlunya peningkatan ketepatan servis pendek peserta ekstrakurikuler bulutangkis di SMP Negeri 1 Wates, Kulonprogo, DIY melalui permainan target sebagai proses keberhasilan melakukan pukulan servis pendek dalam bermain bulutangkis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan target terhadap peningkatan ketepatan pukulan servis pendek peserta ekstrakurikuler bulutangkis di SMP Negeri 1 Wates, Kulonprogo, DIY. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (pra eksperimen), penelitian ini termasuk dalam bentuk one group pretest-posttest design dengan perlakuan sebanyak 12 kali dengan instrumen berupa tes servis pendek French oleh Tohar ( 1992: 216) Dengan validitas 0,66 dan reabilitas 0,88. Subjek penelitian adalah peserta ekstrakurikuler bulutangkis di SMP Negeri 1 Wates, Kulonprogo, DIY sebanyak 22 anak, pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dengan analisis uji t (paired sample t test). Hasil penelitian diperoleh nilai t hitung (11,359) > t tabel (2,080), dan nilai p (0,000) < dari 0,05, dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dan positif metode latihan permainan target terhadap peningkatan ketepatan pukulan servis pendek siswa peserta Ekstrakurikuler bulutangkis di SMP Negeri 1 Wates, Kulonprogo, DIY.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Permainan Target, Ketepatan, Servis Pendek Bulutangkis
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 19 Apr 2016 07:48
Last Modified: 11 Mar 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31288

Actions (login required)

View Item View Item