Upaya Peningkatan Keterampilan Servis Bawah Pembelajaran Permainan Bolavoli Mini Melalui Modifikasi Jarak Pelaksanaan Servis dan Tinggi Net Siswa Kelas 5 SDN Selomoyo, Kaliangkrik, Kabupaten Magelang

Widiyatmoko, Putu (2016) Upaya Peningkatan Keterampilan Servis Bawah Pembelajaran Permainan Bolavoli Mini Melalui Modifikasi Jarak Pelaksanaan Servis dan Tinggi Net Siswa Kelas 5 SDN Selomoyo, Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-putu-widiyatmoko-10711251007.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan servis bawah pada pembelajaran bolavoli mini siswa kelas 5 SDN Selomoyo Kaliangkrik Kabupaten Magelang melalui modifikasi jarak pelaksanaan servis dan tinggi net. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Objek pada penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Selomoyo Kaliangkrik Kabupaten Magelang yang berjumlah 26 siswa. Penelitian berlangsung pada semester pertama yaitu bulan November dan Desember 2015 tahun pelajaran 2015/2016. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modifikasi jarak pelaksaan servis dan tinggi net pada pembelajaran permainan bolavoli dapat meningkatkan keterampilan servis bawah pada siswa kelas 5 SDN Selomoyo Kaliangkrik Kabupaten Magelang. Berdasarkan data hasil tes siklus I rata-rata nilai siswa adalah 70 meningkat dibandingkan sebelum diberikan tindakan yaitu 68. Pada siklus II rata-rata nilai siswa adalah 80 dan 92% siswa dapat mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM)75. Berdasarkan pada hasil penilaian tersebut bahwa pada siklus II rata-rata nilai kelas 5 SDN Selomoyo, Kaliangkrik, Magelang adalah 82 dan nilai tersebut telah mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modifikasi jarak pelaksanaan servis dan tinggi net dapat meningkatkan keterampilan servis bawah dalam pembelajaran permainan bolavoli mini.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan servis bawah, permainan bolavoli mini, modifikasi pembelajaran
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Apr 2016 01:23
Last Modified: 09 May 2019 07:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31277

Actions (login required)

View Item View Item