LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI TAMAN KANAK-KANAK PKK 49 MANGUNAN MANGUNAN, DLINGO, BANTUL

Ninik Utami Ningsih, Ninik Utami Ningsih (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI TAMAN KANAK-KANAK PKK 49 MANGUNAN MANGUNAN, DLINGO, BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
6. PPL_Ninik Utami Ningsih (12111244036).pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan proses implementasi ilmu keguruan yang telah didapatkan dari bangku kuliah ke dalam kelas secara nyata. Mahasiswa praktikan dihadapkan langsung dengan lingkungan pendidikan Taman Kanak-Kanak. Kegiatan PPL bertujuan untuk membentuk seorang calon pendidik yang profesional. Di mana mahasiswa harus mengetahui bagaimana proses mempersiapkan administrasi pendidik, cara mengajar yang baik, pendekatan pembelajaran yang baik, model pembelajaran yang baik, metode pembelajaran yang tepat, serta proses evaluasi dan analisis hasil yang baik. Kegiatan PPL dimulai dengan kegiatan persiapan yang meliputi: pengajaran mikro di kampus, pembekalan PPL, observasi kelas, koordinasi dengan pembimbing di TK dan kegiatan persiapan mengajar di kelas. Setelah semua persiapan selesai barulah kegiatan praktik bisa dilaksanakan. Dalam pelaksanaan praktik mengajar mahasiswa praktikan juga dtuntut untuk bisa membuat Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), penilaian, dan melakukan evaluasi dan analisis hasil belajar anak. Kurikulum yang digunakan di TK PKK 49 Mangunan adalah kurikulum 2010 dan berbasis budaya, serta pembelajaran dilakukan secara klasikal. Proses pendekatan ini meliputi menggali informasi melalui pengamatan, tanya jawab, percakapan, hasil karya, dan unjuk kerja anak. Kemudian proses berlanjut dengan mengolah data atau informasi, menyajikan data atau informasi. Dan proses diakhiri dengan menganalisis, menalar, dan menyimpulkan materi. Proses pembelajaran di TK PKK 49 Mangunan berjalan sesuai perencanaan awal. Pendekatan, model dan metode pembelajaran dapat disesuaikan dengan pembelajaran anak. Dalam pembelajaran di TK PKK 49 Mangunan hasil yang dicapai peserta didik rata-rata sudah bintang tiga yaitu Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Dari serangkaian kegiatan PPL tersebut mahasiswa praktikan dapat mengetahui secara langsung bagaimana pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, pembelajaran, pendidik, profesional
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Apr 2016 01:05
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31273

Actions (login required)

View Item View Item