Model Evaluasi Sumatif Keterampilan Berpikir Kreatif yang Mendukung Aspek Konasi Mahasiswa Calon Guru Biologi

Pada, Andi Ulfa Tenri (2016) Model Evaluasi Sumatif Keterampilan Berpikir Kreatif yang Mendukung Aspek Konasi Mahasiswa Calon Guru Biologi. S3 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-andi-ulfa-tenri-pada.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan: (1) instrumen evaluasi sumatif keterampilan berpikir kreatif yang mendukung aspek gagasan konasi mahasiswa calon guru biologi pada mata kuliah Fisiologi Manusia yang valid dan reliabel, dan (2) menghasilkan struktur faktor-faktor dan indikator-indikator penyusun instrumen penilaian yang digunakan dalam evaluasi sumatif keterampilan berpikir kreatif yang mendukung aspek gagasan konasi mahasiswa calon guru biologi pada mata kuliah fisiologi manusia. Studi ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 6 tahap Design and Development Research oleh Ellis dan Levy dipadukan dengan tahapan pengembangan tes oleh Brennan. Tahapan penelitian pengembangan dimulai dengan identifikasi masalah, identifikasi tujuan penelitian, mengembangkan dan merancang model, uji coba produk, evaluasi hasil uji coba, dan diakhiri dengan mengkomunikasikan hasil penelitian. Jumlah subyek penelitian pada uji coba awal adalah 218 orang dan pada uji coba lapangan utama adalah sebanyak 270 orang. Pengujian validitas isi dilakukan melalui expert judgment dan dihitung menggunakan indeks Aiken [V], validitas dan reliabilitas konstrak menggunakan CFA, dan teknik Partial Credit Model (PCM) 1-PL melaui program Quest untuk melihat validitas dan reliabilitas data. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Model evaluasi sumatif keterampilan berpikir kreatif, menggunakan instrumen penilaian keterampilan berpikir kreatif yang mendukung aspek gagasan konasi mahasiswa calon guru biologi. Hasil uji kecocokan model menunjukkan bahwa model pengukuran dan data memiliki kecocokan yang baik secara keseluruhan dengan nilai χ2=677.92, df=623, p-value=0,06, dan RMSEA=0,018. (2) Muatan faktor dari variabel-variabel memiliki Nilai-t>2 dan nilai muatan faktor standar masing-masing variabel >0.3 menunjukkan bahwa validitas konstruk semua variabel teramati terhadap variabel latennya adalah baik. Begitu juga dengan nilai reliabilitas konstruk ≥ 0.7 menunjukkan reliabilitas pengukuran adalah baik. (3) Rerata Infit Mean of Square item sebesar 1.00 menunjukkan bahwa item tersebut berperilaku secara konsisten dengan apa yang diharapkan oleh model IRT, maka instrumen tersebut dinyatakan valid. Reliabilitas separasi person mencapai 0.94 dan indeks separasi person (G_p) yang tergolong baik sebesar 3.95. (4) Kontribusi masing-masing komponen terhadap dimensi keterampilan berpikir kreatif adalah komponen solusi orisinal sebesar 81%, komponen alternatif solusi sebesar 65%, komponen kelayakan solusi sebesar 62%, dan komponen variasi solusi tidak dapat diestimasi kontribusinya karena memiliki negative error variance

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: evaluasi sumatif, keterampilan berpikir kreatif, aspek konasi
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Apr 2016 01:04
Last Modified: 21 Jun 2022 01:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31270

Actions (login required)

View Item View Item