IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Ketut Ima Ismara, M.Pd.,M.Kes., Ketut Ima Ismara, M.Pd.,M.Kes. (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Kegiatan Best Practise, Implementasi Pendidikan Karakter K3 FT UNY oleh Ketut Ima Ismara,.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan dari pendidikan nasional menurut UU Sisdiknas tahun 2003 adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk menjadi insan yang berilmu, berakhlak mulia, cakap, kreatif dan bertanggung jawab. Hal ini sesuai dengan visi UNY yang bertekad untuk menghasilkan lulusan yang bertaqwa (bernurani), cendekia, dan mandiri telah menunjukkan kesadaran pentingnya akan pendidikan karakter. Pendidikan karakter penting untuk dikembangkan dan terus dikawal oleh karena pendidikan karakter sebagai pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak, yang tujuannya mengembangkan kemampuan peserta didik untuk menilai baik-buruk, memelihara apa yang baik itu, dan mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan sehari-hari (Diknas, 2010). Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta sebagai lembaga pendidikan vokasi menjadi agen untuk mencapai tujuan tersebut. Pendidikan vokasi berprinsip pada long live education yang harus terus berkembang mengikuti kemajuan jaman. Hal serupa juga diungkapkan oleh Wowo Sunaryo Kuswana (2013:34) untuk menghadapi perubahan teknologi yang berlangsung dengan cepat pendidikan vokasi haruslah dilihat sebagai suatu program berkelanjutan, bukan sebagai satu tahap proses semata. Tugas utama pendidikan vokasi selain harus membantu secara kontinyu untuk mengembangkan identitas vokasi, juga harus menjadi penghubung antara karir dan pendidikan dalam satu kesatuan (Raeder, 2008:496). Hal itu selayaknya menjadi tantangan dunia pendidikan vokasi untuk melaksanakan pembelajaran yang melibatkan pengetahuan, prosedur faktual dan perkembangan identitas vokasi (Klotz dkk., 2014:1) .

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KESEHATAN
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Apr 2016 00:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31265

Actions (login required)

View Item View Item