PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN APERSEPSI (BPA) KIMIA BERBASIS KOMPETENSI UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 2

Dianarasari , Dianarasari (2010) PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN APERSEPSI (BPA) KIMIA BERBASIS KOMPETENSI UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 2. S1 thesis, UNY.

[img] Text
PENGEMBANGAN_BUKU_PEDOMAN_APERSEPS1-Dianarasari.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pendidikan kimia yang bertujuan untuk mengembangkan Buku Pedoman Apersepsi (BPA) Kimia Berbasis Kompetensi Untuk SMA/MA Kelas XI Semester 2 dan meneliti buku pedoman tersebut berdasarkan penilaian 5 orang guru kimia SMA/MA sebagai reviewer. Buku pedoman apersepsi berisi lima bab yaitu : (1) larutan asam-basa, (2) stoikiometri larutan dan titrasi asam-basa, (3) larutan penyangga, hidrolisis garam dan grafik titrasi asam basa, (4) kelarutan clan hasil kali kelarutan, dan (5) sistem koloid. BPA dikembangkan berdasarkan prosedur pengembangan tentang buku ajar yang diadaptasi dari prosedur pengembangan buku ajar Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Kualitas BPA ditinjau terlebih dahulu oleh 2 dosen pembimbing, 3 peer review dan 2 ahli media. Penilaian kualitas BPA menggunakan angket yang berisi 4 komponen, 13 subkomponen dan 30 butir kriteria. Penilaian angket dilakukan oleh 5 orang guru dari SMA/MA yang berbeda di Yogyakarta. Produk penelitian pengembangan ini adalah berupa Buku Pedoman Apersepsi (BPA) Kimia Untuk SMA/MA Kelas XI Semester 2. Buku pedoman apersepsi yang telah dikembangkan mempunyai kualitas sangat baik (SB) menurut penilaian guru kimia SMA/MA dengan skor rata-rata 123,4 dengan pedoman konversi X > 120 untuk kualitas Sangat Baik (SB), sehingga layak digunakan sebagai media/sumber acuan guru dalam proses belajar mengajar Kimia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 23:58
Last Modified: 07 Aug 2012 23:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3126

Actions (login required)

View Item View Item